Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    Kenapa begitu ya??

    Share

    Hangga Utama
    Messenger
    Messenger

    Male
    Jumlah posting : 66
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta Pusat
    Nama KMB - Universitas : KMB Dhammamitha-UBM
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Ekonomi Manajemen-2005
    Registration date : 01.09.08

    Kenapa begitu ya??

    Post  Hangga Utama on Fri Sep 05, 2008 10:17 pm

    Temen2, gw punya keluh kesah nih. Gw sering melihat suhu "X" berpenampilan sewajarnya seorang suhu. Namun, mereka punya gadget yang canggih2. Gw aja tebas kemana-mana, ibarat motor kaya Astrea Grand thn 80-an dibalap ama Kawasaki 250RR terbaru...Padahal Guru agung kita mengajarkan kesederhanaan dalam hidup.

    Gw bukannya sirik atau apa, tapi gw hanya merasa itu tidak cocok/pantas dilihat umat awam. Padahal, lihat deh, bhikkhu2 Theravada saja mengenakan pakaian yang sederhana yang menunjukkan teladan kesederhanaan. Itu baru gadget lho, belum mobil mewahnya..

    Jadi mohon teman2 bisa menjelaskan kepada saya sehingga saya dapat menerima kenyataan tersebut. Terima kasih.

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  felix nugroho on Thu Sep 11, 2008 11:12 pm

    wah bahasnya sensitif ne....

    gw ga mw komen

    cuma emang si gw penah denger ada suhu ky gt, tapi coz gw ga penah liat langsung, ya antara pecaya dan tidak ya...

    cuma mungkin pendapat gw, bhikkhu yang kaya gt (klo bener ada) mungkin lagi khilaf aja x.... hehe

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  Tin Dewi on Sun Oct 26, 2008 10:56 pm

    Out of topic ni.. tapi krn baca ini g jadi inget, waktu itu g pernah liat ada bhikku yg lg minta2 dipinggir jalan.. sebenernya itu wajar ga sih..

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    Bhiksu yg Seperti Pengemis

    Post  William on Sun Oct 26, 2008 11:18 pm

    Out of topic ni.. tapi krn baca ini g jadi inget, waktu itu g pernah liat ada bhikku yg lg minta2 dipinggir jalan.. sebenernya itu wajar ga sih..

    Hm, menurut gw di Indonesia tidak mungkin ada bhikkhu (Theravada) yang akan mengemis di jalanan. Karena tradisi Theravada mengharuskan kehidupan bhikkhu disokong oleh umatnya.

    Kalau gw analisa, tampaknya yang meminta-minta itu pastilah bhiksu (mahayana). Kenapa? Lihat kembali sejarah perkembangan agama Buddha Mahayana di China. Para bhiksu harus mengandalkan diri mereka sendiri untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka harus bekerja, membajak sawah, tau bahkan mengemis. Karena di China, budaya menyokong kehidupan anggota Sangha tidak berkembang.

    That's why bhiksu mahayana seringkali terlihat mengkomersialisasikan ritual agama, seperti pemberkatan rumah, pengantin, dll dengn tarif tertentu atau pun pungutan sukarela (tetap aja dipungut biaya). Itulah yang harus mereka lakukan demi menghidupi kehidupan mereka sendiri.

    Beberapa bhiksu cukup beruntung karena memiliki banyak umat yang senantiasa menyumbang secara rutin sehingga kehidupannya berkecukupan, tapi ada juga yang tidak seberuntung mereka sehingga terpaksa harus hidup lebih sederhana dan bahkan sampai menjadi pengemis.

    Semoga jawaban ini bermanfaat.


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  felix nugroho on Fri Dec 05, 2008 3:47 am

    tentang ne topik ne

    kemaren temen SD gw kawin..
    suami nya tu anak vihara avalo di mabes (ceritany si dy anak kesayangan suhu disana)

    nah pas dy kawin, dy juga undang tu suhu.. sampe disiapin meja khusus bt suhu tu..
    tapi suhu tu ga dateng si, cuma ada wakil nya (yang umat awam)

    tapiiiii, d pesta itu, gw liat ada beberapa pria botak pake kacamata hitam...
    ya mungkin si mereka bukan suhu..

    tapi gw curiga si iya, keliatan rada aneh soalnya...

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  The Undertaker Reagan on Fri Dec 05, 2008 11:26 pm

    kalo masalah kesederhanaan g jg kurang ngerti....

    tapi dulu g pernah diajarin kalo kita ga dilarang buat memiliki apapun, mau yang canggih n the only one, asal barangnya ga bikin sengsara...

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  Veronica Maris on Sat Dec 06, 2008 4:10 pm

    Hmm.. Sbnrnya g dl pernah diminta2in sumbangan dr satu suhu di daerah mangga bsr.. keliatannya seh suhu mahayana dr jubahnya. dy ngmg mandarin gt ma g y mn g ngerti. Trus dy ngasi g kartu da mantranya n gbr Dewi Kwan Im. G pkr dy ks sukarela gt y g ambil aj. Trus ud gt dy ngeluarin semacem kyk buku catetan gt.. Di situ da nama penyumbang n sumbangannya brp. Para penyumbangnya nyumbangnya gede2 bgt. G mana punya duit sgitu byk. Akhirnya g tolak aj. Trus kartunya diambil blk ma tu suhu. G jd merasa kyknya ga sepantesnya suhu kyk gt. Kan mereka hidup dr sumbangan umat secara sukarela n bukan minta2.

    justina ningsih
    Elder
    Elder

    Female
    Jumlah posting : 40
    Age : 31
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmb viriya dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran Atmajaya 2003
    Registration date : 24.01.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  justina ningsih on Sat Dec 06, 2008 5:34 pm

    gw pernah melihat suhu2 berjubah seperti suhu2 mahayana meminta2 di roxy square...

    yang terlintas di otak gw hanyalah ini cuma suhu2an, alias suhu gadungan..
    gw jadi merasa malu bgt ngeliat dia muter2 dan ditolak sana sini..
    gw merasa image agama buddha makin hancur aja ntarnya...

    dulu di vhr gw ada suhu yg kocak bgt klo dhammadesana
    dan beliau suka cerita ttg suhu2 yang suka meminta2 di jalan dan mall
    katanya 'jitakin aja kepala botak suhu gadungan itu'

    sekurang2nya dana suatu vihara gak mgkn sangha dibiarkan utk turun ke jalan meminta2 dana
    itu gak mgkn bgt!!!
    pasti perhimpunan sangha bisa menyalurkan dana dari vhr yang berkecukupan
    Lalu buat apa dana kathina selama ini??
    toh dana kathina diperuntukkan membantu vihara2 yang butuh bantuan...

    Jadi mnrt gw itu cm sarana yg digunakan oleh org2 yg malas bekerja..
    kan gampang tuh tgl cukur rambut n beli jubah serta patta.

    Kalo gadget yang canggih dan mobil mewah..
    gw sendiri pernah melihatnya
    memang kaget bgt wkt ngeliatnya dan bertanya2
    tp gw pkr mgkn alat2 itu bisa membantu tgs mereka
    ya gak mau gw pusingin...

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  kevin jawan on Mon Dec 15, 2008 5:08 pm

    Bokap gw juga pernah dimintai sumbangan ama biksu2 yang suka jalan-jalan di pinggir jalan, waktu itu kebetulan biksu nya di Gading, dikasih 20puluh ribu, malah minta lima puluh, turs dikasih gambar kuan yin ama gantungan amitabha.....

    Dari tampangnya itu orang Cina Daratan asli yang pura2 jadi biksu....

    Oh ya, sekarang ini gw juga sedih melihat banyak biksu2 Mahayana yang menargetkan tarif yang lumayan besar ketika dimintai untuk mendoakan orang meninggal...

    Bahkan di Medan sendiri (ortu gw dari Medan), kalo liam keng buat orang mati itu berjuta-juta rupiah tarifnya, udah ditentu-in duluan harganya sebelum liam keng, padahal kalo keluarganya gak mampu jadi gak boleh dikasih liam keng????...
    Gw sedih banget melihat hal aneh ini, padahal ajaran Mahayana itu indah banget sebenarnya, sayang....

    Gara2 tarif ini, tetangga gw yang penganut Kristen suka ngajakin gw ama keluarga gw pindak ke gereja, katanya Buddha itu mata duitan....

    Trus zaman sekarang emank banyak sih biksu2 Mahayana yang suka jalan2 sambil bawa barang2 canggih keren gitu..... Crying or Very sad

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 16, 2008 10:44 pm

    Lho? emangnya salah kalo biksu bawa barang canggih??
    kan dia ga mamerin itu kan, semuanya buat penunjang hidup doank kan???

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  felix nugroho on Sun Dec 21, 2008 4:16 am

    kevin jawan wrote:Oh ya, sekarang ini gw juga sedih melihat banyak biksu2 Mahayana yang menargetkan tarif yang lumayan besar ketika dimintai untuk mendoakan orang meninggal...

    Bahkan di Medan sendiri (ortu gw dari Medan), kalo liam keng buat orang mati itu berjuta-juta rupiah tarifnya, udah ditentu-in duluan harganya sebelum liam keng, padahal kalo keluarganya gak mampu jadi gak boleh dikasih liam keng????...
    Gw sedih banget melihat hal aneh ini, padahal ajaran Mahayana itu indah banget sebenarnya, sayang....


    sebenernya gw rada bingung d..
    mahayana itu kan termasuk salah satu aliran dalam agama budha.
    so klo misalkan suhu mahayana minta tarif yang besar bgt, napa ga ga minta bhikkhu aliran lain aj?
    kan sama2 budhis juga...

    trs lage, mw tanya lage ne..
    emang tiap umat budha itu diwajibkan untuk pilih 1 aliran aja???
    coz gw penah denger, klo u wajib harus pilih. thera ya thera trs, maha ya maha trs...
    gmn menurut kalian????

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  kevin jawan on Mon Dec 22, 2008 5:17 pm

    @Felix: kalo keluarga gw gak terlalu biasa ikut theravada, kebanyakan pada bingung bahasanya, keluarga gw kebanyakan ikutnya mahayana.

    apalagi kalo di medan yang dominan itu mahayana ama konghucu..

    tradisi theravada cuma sekali waktu nenek gw meninggal di jakarta manggil bhante dari Dhammcakka, trus nenek gw pas dimakamkan di medan pake cara mahayana lagi...

    Kalo milih2 aliran itu sih terserah kita, memang sebaiknya kita cuma mempraktikkan satu metode, tapi gak masalah kalo kita suka ikut kebaktian aliran yang lain..

    Try budi
    Knight/Lady
    Knight/Lady

    Male
    Jumlah posting : 4
    Age : 27
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : SHU
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : design
    Registration date : 22.10.10

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  Try budi on Fri Oct 22, 2010 3:58 pm

    Pertama2 saya berpendapat dalam agama Buddha tidak ada isu yang "sensitif" "rahasia" "tidak boleh dibahas"
    Sang buddha sendiri yang menganjurkan kita untuk sering bertanya. makanya ada forum seperti ini hehehehe

    Berikut ini dikutip dari Kalama Sutta, dimana sang Buddha menjawab pertanyaan "ajaran mana yang layak diterima"


    Setelah mereka semua duduk, kemudian seorang berkata, "Yang Mulia, banyak pertapa dan brahmana yang berkunjung ke Kesaputta. Mereka menerangkan dan membahas dengan panjang lebar ajaran mereka sendiri, tetapi mencaci maki, menghina, merendahkan, dan mencela habis-habisan ajaran orang lain. Lalu datang pula pertapa dan brahmana lain ke Kesaputta. Dan mereka ini juga menerangkan dan membahas dengan panjang lebar ajaran mereka sendiri, dan mencaci-maki, menghina, merendahkan, dan mencela habis-habisan ajaran orang lain. Kami yang mendengar merasa ragu-ragu dan bingung, siapa diantara para pertapa dan brahmana yang berbicara benar dan siapa yang berdusta."

    3. "Benar, warga suku Kalama, sudah sewajarnyalah kamu ragu-ragu, sudah sewajarnyalah kamu bingung. Dalam hal yang meragukan memang akan menimbulkan kebingungan. Oleh karena itu, warga suku Kalama, janganlah percaya begitu saja berita yang disampaikan kepadamu, atau oleh karena sesuatu yang sudah merupakan tradisi, atau sesuatu yang didesas-desuskan. Janganlah percaya begitu saja apa yang tertulis di dalam kitab-kitab suci; juga apa yang dikatakan sesuai dengan logika atau kesimpulan belaka; juga apa yang katanya telah direnungkan dengan seksama; juga apa yang kelihatannya cocok dengan pandanganmu; atau karena ingin menghormat seorang pertapa yang menjadi gurumu.
    Tetapi, warga suku Kalama, kalau setelah diselidiki sendiri, kamu mengetahui, 'Hal ini tidak berguna, hal ini tercela, hal ini tidak dibenarkan oleh para Bijaksana, hal ini kalau terus dilakukan akan mengakibatkan kerugian dan penderitaan, maka sudah selayaknya kamu menolak hal-hal tersebut."

    ...

    14. "Demikianlah, warga suku Kalama, itulah yang Kumaksud dengan mengatakan, 'Janganlah percaya begitu saja.., Tetapi apabila setelah diselidiki sendiri, kamu mengetahui hal ini berguna; hal ini tidak tercela; hal ini dibenarkan oleh para Bijaksana; hal ini kalau terus dilakukan akan membawa keberuntungan dan kebahagiaan, maka sudah selayaknya kamu menerima dan hidup sesuai dengan hal-hal tersebut.' Itulah sebabnya, mengapa Aku mengucapkan kata-kata tersebut."

    Kembali ke pertanyaan awal, mengapa ada bhikku yang hidup mewah?
    Jangan samakan seorang individu dengan ajaran sang Buddha. Liat, pelajari dan ketahuilah apa itu kebenaran. Janganlah membenci. tetapi berpandang penuh welas asih toh orang menjadi bhikku sekalipun tidak akan pernah lolos dari hukum karma.

    Ajaran Theravada maupun Mahayana adalah beberapa dari aliran agama Buddha. Janganlah dicari perbedaan perbedaannya. Melaikan carilah persamaannya. Pada intinya, tujuan akhir agama Buddha adalah sama yaitu pengikisan kekotoran batin, mengurangi ketamakan dan pada akhirnya pencapaian nibanna.

    Persamaan tersebut janganlah dibeda bedakan dan perbedaan dari berbagai aliran janganlah disama-samakan.

    Salam metta,
    Try

    Sponsored content

    Re: Kenapa begitu ya??

    Post  Sponsored content Today at 8:30 pm


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 8:30 pm