Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Share

    =SisKa=
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Female
    Jumlah posting : 173
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma_ Atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FKIP Inggris-- 2005
    Registration date : 30.10.08

    Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  =SisKa= on Tue Dec 16, 2008 6:16 pm

    Ummm...
    gw penasaran neh,,
    kenapa agama Budha lebih lama penyebarannya d banding agama lain?
    (jgn bandingin ma Hindu yah.. karena Hindu dianut kebnykan oleh Bangsa Bali...)

    mksd gw dbanding agama lain,,
    yg penyebarannya cepet bgt..
    yg menjamur 3 besar d Indonesia...


    Terakhir diubah oleh William tanggal Sun Dec 21, 2008 2:36 am, total 1 kali diubah (Reason for editing : mod title)

    justina ningsih
    Elder
    Elder

    Female
    Jumlah posting : 40
    Age : 31
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmb viriya dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran Atmajaya 2003
    Registration date : 24.01.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  justina ningsih on Tue Dec 16, 2008 8:10 pm

    mungkin karena agama buddha gak pernah mengumbar janji-janji ataupun iming-iming untuk menarik orang-orang agar mengikuti dan mempelajarinya...
    Dan mungkin karena konsep ketuhanan di agama buddha tidak ditonjolkan dan berbeda dari yang lain

    Tapi skarang agama buddha berkembang pesat lho di bagian barat sana.....
    Dan metode meditasi kita dipakai oleh orang2 yang non buddhis jg lhooo..

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Fredrick on Tue Dec 16, 2008 9:30 pm

    Eh ga juga lho...
    agama Buddha emang udah lama ada di Indo... tapi sejak zaman majapahit berakhir, berhenti jugalah pembabaran Dhamma di Indo.. artinya udah 500an taun lbh yang lalu agama Buddha tertidur di Indo..

    sejak itulah agama I mulai berkembang menggantikan posisi lowong ini...ampe sekarang kira2 90% orang indo afdalah penganut agama I ini..
    setelah kedatangan bangsa barat masuklah agama K di Indo.. cb deh diitung, bngsa barat masuk indo udh dari 1512..udah lam banget kan agama K itu tumbuh dan berkembang di Indo.. plus mereka itu gencar bngt nyari pengikut.. plus mereka banyak dapet "anak domba" dari sekolah2 yang mereka dirikan.. perlu diakui, di JKT aja sekolah2 favorit itu kan sekolah2 K.. udh gt pendidikan agama di sekolah2 K itu dalem bngt..sedangkan banyak anak2 Buddhis yang blum mengenal ajaran Buddhis it sendiri.. jadi ga heran banyak yang pindah ke agama K itu..

    nah Buddhism di Indo sendiri baru mulai berkembang kira2 50 tahun yang lalu, yang dipelopori oleh Sukong Ashin..
    nah sejak itu, buddhism kembali menggeliat di Indo.. jadi kita itu kalo diteliti msh termasuk agama baru lho.. he2
    tapi mnurut gw, perkembangnnya udah bagus lah..(mengingat usia agama ini di Indo)..pelan2 tapi pasti,umat Buddha itu terus bertumbuh..istilahnya slow but sure gt de.. he2

    nah oleh karna itu, perna serta kita, para generasi muda Buddhis it penting bngt buat penyebaran agama ini.. jadi janganpasif kyk dulu lg..tp kita harus mulai aktif adlam memperkenalkan Buddhism.. he2

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 16, 2008 10:56 pm

    mungkin karena Buddha tidak mengenal Tuhan kali.
    jadi agak2 gimana gitu..
    temen2 g aja suka bingung dengan agama Buddha, pertanyaan yang paling banyak adalah: siapa Buddha? apakah dia itu sosok Tuhan ato apa?

    =SisKa=
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Female
    Jumlah posting : 173
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma_ Atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FKIP Inggris-- 2005
    Registration date : 30.10.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  =SisKa= on Wed Dec 17, 2008 12:04 am

    Thx bgt yah buat smua penjelasn dr Ci Jus,, Roy,, Frederik,, Reagan,,,

    menurut gw,,
    mgkn ga sih,,
    karena tll bnyk aliran?
    Mahayana, Theravada, Tantrayana,,
    mgkn mereka jg ga tau itu ap..
    mgkn mereka dtg k Vihara berbeda,,
    terus kbaktian beda,,
    akhirnya mereka bingung..
    belum lg,,
    mikir,,
    ap si bedanya agama Budha dan Khong Hu Cu..

    setelah tau aliran mana..
    ap bedanya Budha dan KHong Hu Cu,,
    mereka dhadapkan dengan bahasa Sansekerta,,,
    yg bacanya saja sulit,,
    apalg tau arti dan memahami isinya...

    reply lg yah..
    thx bgt...
    Smile

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    Esensi aliran-aliran dalam Agama Buddha

    Post  William on Wed Dec 17, 2008 1:56 am

    Hm, aliran dalam agama buddha dapat dianggap sebagai pemerkaya warna dari agama buddha itu sendiri. unlike aliran dalam agama lain yang lebih dianggap sebagai pemisah.

    Namun, konsekuensi yang dialami umat buddha yang hidup di lingkungan mayoritas bukan buddhist ialah cara pandang dan pola pemikiran dari lingkungan mayoritas tersebut sedikit banyak mempengaruhi cara pandang dan pola pemikiran umat buddha. Jadi bila ada umat buddha yang hanya mengakui aliran yang dianutnya dan menolak mengakui aliran lain sebagai bagian dari agama buddha, maka dapat dipastikan umat buddha tersebut mengadopsi cara pandang dan pola pemikiran non buddhist. Ia sesungguhnya bukan umat buddha.

    Konsep aliran dalam agama buddha dapat dianalogikan sebagai varian pada merk minuman. Misalkan minuman merk A memiliki varian rasa A1, A2, A3, dst. Agama buddha memiliki aliran theravada, mahayana, dan tantrayana sebagai varian utamanya. Tentu saja tiap varian akan memiliki rasa yang berbeda dengan varian yang lain, tapi tetap saja semua varian itu sama-sama merk A, bukan merk lain. Sama halnya dengan tiap aliran akan memiliki atribut ritual yang berbeda satu sama lain tapi secara esensial tetap merupakan bagian dari agama buddha.

    Seseorang tentu memiliki preferensi yang berbeda terhadap rasa yang paling disukai dari varian suatu merk minuman. Gw mungkin paling suka jus Buavita rasa jeruk, tapi u mungkin paling sukanya jus Buavita rasa apel. Baik gw yang beli rasa jeruk maupun u yang beli rasa apel, sama-sama akan memberikan profit ke merk Buavita itu sendiri. Gw juga fine-fine aja kalau pas beli adanya cuma rasa apel, yang penting merk jusnya masih Buavita. Dan u juga ga keberatan kan kalau harus belinya yang rasa jeruk, bukan apel kesukaan u? Atau jangan-jangan u cari jus apel merk lain lagi? Bisa jadi.

    Preferensi seseorang terhadap aliran dalam agama buddha mirip dengan analogi minuman jus buah di atas. Ada orang yang lebih suka ke theravada, ada orang yang lebih suka ke mahayana, dan ada orang yang lebih suka ke tantrayana. Tapi yang penting merk nya sama-sama agama buddha. Kita boleh saja kebaktian di vihara yang berbeda aliran, sama halnya kita boleh saja mencoba varian rasa lain dari suatu merk minuman. Justru dengan demikian kita baru akan tahu betapa kayanya warna dalam agama buddha.

    Jadi Sis, seharusnya orang jangan bingung dengan perbedaan tradisi kebaktian itu. Malah harusnya mereka merasa senang karena bisa melihat warna lain dari agama buddha. Suhu dulu pernah bilang justru kita yang aktif di KMB merupakan orang-orang yang beruntung karena bisa berkesempatan melihat warna-warni tradisi kebaktian dalam agama buddha, tidak seperti mereka yang aktif di suatu vihara yang hanya dapat melihat satu warna tradisi kebaktian saja.

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Nah, mengenai perbedaan agama buddha dengan Kong Hu Cu, itu merupakan dua agama yang berbeda. Kalau menurut analogi minuman di atas, itu bisa dianggap sebagai minuman jus yang merknya beda..

    Tapi kok kesannya mirip ya? Ada dupa/hio, ada patung-patung, altar, tempat dupa/hiolo, dll. Itu semua merupakan atribut saja. Ibaratnya dua merk minuman yang berbeda boleh jadi memiliki varian rasa yang sama. Hal itu sah-sah saja. Tapi yang pasti ada perbedaan filosofi perusahaan dari masing-masing merk.

    Begitu pula dengan halnya agama buddha dan agama lain yang memiliki atribut serupa, ada perbedaan mendasar. Perbedaan itu tidak harus selalu nampak pada atribut agamanya, tapi mempunyai ciri khas. Beberapa perbedaan mendasar yang pasti antara lain:

    1. Inti Ajarannya
    2. Tokoh utamanya
    3. Titik lokasi awal penyebarannya (kecuali kalau para tokohnya tetanggaan, lol! )
    4. Waktu kemunculannya

    Coba u identifikasi dua agama berbeda pasti memiliki perbedaan pada keempat aspek yang gw sebut. Tapi aspek yang esensial sih yang no. 1 ama no. 2 aja.. Aspek no. 3 dan no. 4 lebih didasarkan pada logika keterikatan pada ruang dan waktu.

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Next, mengenai bahasa Sansekerta. Gw yakin Siska merujuk ini ke buku kebaktian tradisi mahayana yang kita pakai di amurva. Itu cuma masalah ukuran font sama kualitas fotokopi aja kok..hurufnya kan alphabet semua, bandingkan dengan huruf pali yang ada simbol-simbol di hurufnya.

    Mengenai arti dari sutra-sutra mahayana yang dipakai pada kebaktian rutin memang kebetulan tidak disertakan (alasan ekonomi, tambah halaman=tambah biaya fotokopi geek ). Tapi tenang saja, untuk menjawab kebutuhan teman-teman akan hal ini, maka kami dari pengurus KMB VD berencana untuk membuat buku kompilasi kebaktian rutin. Atribut terjemahan sutra akan disertakan di buku tersebut, hehe! Jadi tenang saja ok? Tunggu aja tanggal mainnya.

    ------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Semoga tulisan ini dapat menjawab rasa ingin tahu u, svaha..

    king


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  juan on Wed Dec 17, 2008 5:26 am

    gw ngerti c maksud ny Siska yg mengenai bahasa sansekerta.. mgkn mesti d perluas lagi jd bahasa pali juga Will..

    maksudnya tuh gini, kita jgn lihat agama mayoritas d Indo yg kebanyakan umatnya pake penutup kepala yah..
    mari kita lihat agama K & K yg kitab sucinya itu udah d terjemahin k bahasa Indo..
    org jadi lebi mudah bwt memahami dan membacanya..
    sedangkan kita kn masi dalam bahasa aslinya..
    org yg mw mulai udah jadi jengah dulu krn ga ngerti bahasanya..

    mgkn itu yg d maksud ama Siska..

    haryadi
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 627
    Age : 27
    Lokasi : kramat jati no:59
    Nama KMB - Universitas : KMBVD-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : IESP 2007-2011
    Registration date : 18.05.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  haryadi on Wed Dec 17, 2008 10:26 am

    agama budha itu agama tertua didunia setelah hindu.. kenapa agama budha perkembangan ny terhambat? krn paket MLM ny kurang mantap.. contohny agama tetangga kita K****** yg MLM ny kuat. dah gt ada sedikit pemaksaan dlm berdana.. persepuluh...

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Fredrick on Wed Dec 17, 2008 11:53 am

    kalo menurut gw, adanya aliran2 itu ga menghambat koq.. malah dengan adanya hal tersebut kita bisa memilih aliran mana yang pas buat diri kita sendiri, karena setiap orang itu kan unik.. he2

    kita liat aja agama tetangga kita yaitu KP jg punya banyak aliran.. malah mungkin lebih banyak dari Buddhism.. tp toh ga menghambat perkembangan mereka yang luar biasa pesat.. udh kyk jamur gt pertumbuhannya.. pesat bngt..

    hmm, gw stuju dengan pendapat otong ,mgkn MLM kita itu krng cekatan dan sigap.. ha3

    soal teks pali/sanskrit/mandarin: mngkn itu salah satunya kali ya..
    banyak orang yang cuma baca paritta atau liam keng tp ga tau makna kata2nya..
    banyak juga yang melakukan itu sebatas ritual aja...
    tapi kalo gw liat, kalo di teks pali itu pada umumnya seh udah ada taks indonya..he2

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Tin Dewi on Wed Dec 17, 2008 10:04 pm

    Fredrick wrote:
    nah oleh karna itu, perna serta kita, para generasi muda Buddhis it penting bngt buat penyebaran agama ini.. jadi jangan pasif kyk dulu lg..tp kita harus mulai aktif adlam memperkenalkan Buddhism.. he2

    Nih g ada kenapa yg laen lagi nih.. berhubung ni thread jdlnya kenapa, g mskin sini lg yah..

    Pernah ada tmn g yg agamanya K, ngomong gini, "sekarang agama Buddha mulai ada nyanyi2an kaya di gereja gitu.." pas d ngomong gitu g nangkepnya tu seolah2 d mau bilang klo agama Buddha tu ikut2an agamanya dia.. pas itu g jawabin aja, "dari dulu juga ada nyanyiannya kok.."

    Kenapa sih pas kita mulai aktif, agama tetangga itu pasti reaksinya aneh2, salah satunya ky komentar tm g itu..

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Wed Dec 17, 2008 10:52 pm

    mungkin agama K itu paling bertentangan dengan agama kita. kalo dilihat dari ras kita kan sama, tapi pilihannya agama kalo ga Buddhist ya K ini. biasalah, ada faktor merasa superior dan inferior. apalagi katanya K itu super fanatik. tapi ga usa dipusinginlah.

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Wed Dec 17, 2008 11:03 pm

    kalo aliran sih, jujur aja g aja ga ngerti juga aliran2 Buddha, biar uda ada penjelasan di sini tapi tetep aja ga ngerti. bahkan g aliran apa juga ga jelas. tapi selama ini g have fun aja kalo lagi berkecimpung di dunia mereka. biar beda aliran pasti ada titik temu yang sangat esensial ini yang penting dan patut diterapkan. selama ada itu, seenggaknya ada hal yang kita ngerti dan bertahan di agama ini, sisanya yang g ga ngerti, g anggap variasi aja biar ga bosen. hehehe..

    kalo buat orang pertama kali baru mengenal Buddha kalo langsung ditemuin ketiga aliran besar itu pasti pusing, saking pusing akhirnya dia ga ngerti dan menganggap Buddha itu agak abstrak. kaya pemikiran g yang pertama. makanya mendingan untuk buat pertama kali disuruh mengenal 1 dulu baru yang lain.

    itu menurut pandangan g!

    justina ningsih
    Elder
    Elder

    Female
    Jumlah posting : 40
    Age : 31
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmb viriya dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran Atmajaya 2003
    Registration date : 24.01.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  justina ningsih on Fri Dec 19, 2008 9:03 pm

    yap bnr, da baiknya kita memulai belajar dari satu sudut pandang dulu
    ntar setelah engenal kesemuanya baru terasa tuh mna yang lebih cocok ama diri kita
    mana yang bisa kita pake metode pelatihan dirinya

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Fredrick on Sat Dec 20, 2008 8:37 pm

    Hmm... emang seh, banyak teman2 dari tetangga kita yang ga tau perkembangan kita itu sampai saat ini udah lumayan lah..
    gw sendiri jg punya pengalaman, ada temen gw yang bingung pas dy denger lagu2 Buddhis(kadang gw puter CD Buddhis di mobil gw)..he2 setau dy lagu2 Buddhis itu yang liam keng2 pake mandarin gt dehh..so dy ga nyangka ada lagu2 Buddhis berbahasa Indo atau Inggris..banyak dari mereka jg nganggep segala tentang Buddhism itu jadul, mulai dari tata cara ibadah dll..
    so banyk dari mreka kaget pas liat kemajuan kita, ha2 mgkn secara psikologis, mreka mulai berasa ada saingan neh!! ha2soalnya slama ini bnyk dari mreka itu mandapatkan pengikut dari para penganut Buddha yang berpindah k agama mreka..
    nah kalo skrg lahan garapan mereka udah ga ada dan malah kita bisa menarik umat mreka(saat ini mulai bnyk orang2 yg masuk Buddhis, biasanya kan justru umat Buddhis yg banyak pindah ..he2).. sapa seh yang ga jadi takut?? ha2

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  felix nugroho on Sun Dec 21, 2008 2:27 am

    gmn agama budha mw cepet perkembangan nya???
    banyak yang pindah dari budhis gt...

    n menurut gw si, cara di budhis tu jelek buat jaring ato nahan umatnya spy ga pindah..
    dibanding agama tetangga yang bener2 gilee...
    gw sendiri uda kelewat sering tuk dibujukin pindah..
    belom lagi, gw penah denger cerita (lupa sapa, pokoknya lagi dhammadesana d), dy cerita klo bhante uthamo penah diajakin ke gereja!!!!! swt d..
    padahal uda bhikhu, tapi mereka masih bisa n nekat bgt ngajakin nya...

    coba klo di budhis????
    berani ga coba ngajakin pendeta ato haji, ato umat biasanya aja d, tuk dateng ke vihara????
    ada juga paling pacar ato temen..

    klo ketemu di jalan, kenalan, trs lgsg ngajakin ke vihara??? gw ga yakin penah ada yang gt...


    intinya klo di budhis, mungkin karena ajaran nya, semua kan tergantung diri u sendiri..
    klo di agama laen, yang gw denger si, dengan u ngajak umat laen, itu lebih nge buka peluang u tuk diterima di sisi Nya... maybe...

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  felix nugroho on Sun Dec 21, 2008 2:38 am

    =SisKa= wrote:menurut gw,,
    mgkn ga sih,,
    karena tll bnyk aliran?
    Mahayana, Theravada, Tantrayana,,
    setelah tau aliran mana..
    ap bedanya Budha dan KHong Hu Cu,,
    mereka dhadapkan dengan bahasa Sansekerta,,,
    yg bacanya saja sulit,,
    apalg tau arti dan memahami isinya...

    klo soal aliran gw juga bingung d, jujur si, gw baru tw cara mahayana sejak gw ikt KMB...
    dl2 gw cuma penah dgr aj. n gw pikir sama aja ky theravada...
    tryt beda bgt bo....

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  felix nugroho on Sun Dec 21, 2008 2:38 am

    oya btw, tw cerita nya marcel n dewi lestari??? mereka kan pindah tu jadi budhis...
    wkt mereka dateng ke ekayana, gw, oke, toni, novita, dwi, jen pd dtg tu...

    n yang gw denger dari cerita mereka si, mereka juga ga tw aliran budhis tu apa aj, apalagi bahasa sansekerta pali nya... boro2 d, ga yakin bgt d..

    trs y mereka pas mw jadi budhis, mereka kan nyamperin bhikkhu gt di vihara di lembang gt..
    tp bhikkhunya malah blg gn :
    yakin mw jadi budhis? di budhis tu menderita lho... tak ada Juru Selamatny. pulang dl d, pikir2 lagi

    tu kata2 nya bagus si, hehe.
    tapi ya itulah yang bedain.. di budhis tu seakan2 cari umat sesedikit mgkn. klo di tetangga, kan maen terima aj...

    trs ya akhirnya mereka jadi budhis tu..
    intiny mungkin, soal aliran n bahasa di budhis yang banyak n ribet ini, sebenerny ga terlalu berpengaruh. yang penting niat nya aja. n mungkin karma u juga berpengaruh x ya...

    Stephen UC
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Male
    Jumlah posting : 229
    Age : 27
    Lokasi : Pluit
    Nama KMB - Universitas : Viriya Damma- Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran 2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Stephen UC on Tue Dec 23, 2008 5:35 pm

    klo bahasa jd masalah... islam juga hrs na bermasalah berhubung bhs arab gitu...

    ini menurut knp agama lain lebi banyak drpd agama buddha...
    1. islam: konstitusi negara indo rata2 ini
    2. kristen n katolik: peninggalan penjajahan belanda
    3. islam: asal dari raja sebelum republik indo merdeka

    knp buddha jarang
    kerajaan islam menduduki kerajaan buddha dolo na
    jadi jaman kerajaan islam adalah yang terakhir di indo(bukan buddha, klo jaman kerajaan buddha yg terakhir sebelum indo merdeka, pasti dominan negara kita adalah buddha)
    jadi alesan na yang pertama adalah: orang yg lebi tinggi dari kita apa itu yang kita ikutin (contoh: raja)

    selain itu utk kalangan kita(yg dominan cina) kenapa banyak kristen or katolik karena lebi ke pergaulan dan mungkin dolo kan tingkat(kasta) orang belanda kan lebi tinggi dari orang pribumi makanya mungkin kita(cina) kan punya sifat selalu ingin lebi di atas makanya mengikuti agama ini
    utk cina menurut pengalaman gw sih yg gw liat jg karena pergaulan... jadi udha banyak cina yg jadi katolik klo gw sendirian di buddhis gw ga da temen na neh... ikud pindah wae lah...

    mengikuti ajaran buddha itu bener2 hrs kuat iman(klo orang bilang)
    hrs benar2 yakin!!!

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 23, 2008 9:49 pm

    sebenernya agama Buddha itu bukan menarik umat sedikit mungkin, tapi mereka mw kalo Buddhist itu lahir dari pemikiran sendiri bukan dari dorongan orang lain.

    jangankan Bikkhu, kalo ada orang yang mw jadi Buddhist melalui g, nanti g juga bakal mengatakan hal sama, jadi Buddhist itu ga enak dan menderita.

    lebih baik mereka cari agama lain daripada main2 di Buddhist.

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 23, 2008 9:53 pm

    agama Buddha itu yang tertua bukan c?

    mungkin aja agama Buddha dikit itu karena agama yang udah lama, sedangkan KH dan KP itu lumayan baru, dan I paling baru.

    kita cenderung lbh menaruh perhatian yang ke baru. analoginya kaya kita punya temen di kampus, perhatian kita lebih ke sana daripada temen SD/SMP/SMA.

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Fredrick on Wed Dec 24, 2008 7:28 pm

    Eits, kayaknya agama Buddha itu bkn yang paling lama Gan...
    agama besar sblm Buddha ada koq.. spt Hindu dll..

    Hmm, tp sebenernya agama itu ga tergantung oleh Zaman ah..
    biarpun agama lama tapi kalo ajarannya itu baik dan benar mah tetap aj akan bertahan..
    apalagi Buddhism, kalo ga salah Einstein aja pernah blang "Agama yang bisa mengikuti perkembangan science adalah Buddha"
    nah.. apakah science itu adalah sesuatu yng kuno??
    justru skrg ini adalah era dimana science berkembang pesat.. bukankah sering kita menemukan pertentangan antara science dgn beberapa keterangan dalam kitab agama K ???
    so..mnurut u, mana yang lebih akurat?? penelitian science atw catatan kuno?? he2

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Wed Dec 24, 2008 9:55 pm

    oh? bukan yang tertua y? g kira Buddha dulu baru H.

    masalah catatan kuno, u kira kitab suci kita modern? sama juga kan, cuma catatan kuno. bahkan u sendiri ga tau, apa isinya dibuat berdasarkan apa, pengarang siapa, bukti isi kitab itu 100% sesuai kenyataan ato nggak?

    semua itu cuma istilah yang konotatif, satu kalimat di sana bisa melahirkan 1000 maksud yang berbeda, mana yang bener ato ngga itu kita juga ga tau.

    itu kebetulan aja isi Science itu sesuai dengan Buddha, coba kalo sesuai agama lain, pasti dibilangnya malah Buddha yang omong kosong.

    cuma ga masalah, namanya Science dan agama bukan hal yang bisa dikolaborasi. u orang pada tau ga, kalo kita menguasai ilmu metafisika dan kedokteran, orang itu malah jadi atheis.

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  juan on Thu Dec 25, 2008 2:31 am

    @reagan lw tw ga agama Buddha juga atheis? mana perna agama Buddha nyebut2 Tuhan? atheis kn??

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  The Undertaker Reagan on Thu Dec 25, 2008 8:45 pm

    tau. kenapa?

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  juan on Thu Dec 25, 2008 8:50 pm

    The Undertaker Reagan wrote:
    cuma ga masalah, namanya Science dan agama bukan hal yang bisa dikolaborasi. u orang pada tau ga, kalo kita menguasai ilmu metafisika dan kedokteran, orang itu malah jadi atheis.


    krn lw ngmgnya begini... lw blg klo science dan agama ga bsa d kolaborasi.. sedangkan agama Buddha ajah atheis..

    Sponsored content

    Re: Kenapa Agama Buddha relatif lambat penyebarannya?

    Post  Sponsored content Today at 2:44 pm


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 2:44 pm