Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    how to....

    Share

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    how to....

    Post  felix nugroho on Sun Dec 14, 2008 12:21 pm

    jadi gn ne
    u pada punya temen budhis kan juga kan?
    nah klo temen kalian yang budhis mw pindah ke agama tetangga..

    cara apa yang jitu buat mencegah mereka gmn??

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: how to....

    Post  felix nugroho on Sun Dec 14, 2008 12:26 pm

    btw gw baru nyadar, akhirnya muncul juga ya topic baru di dhamma discussion.. hehe


    anyway, gw dulu d.
    klo temen gw kebanyakan yang pindah ke agama tetangga tu
    alesan nya :
    ga punya temen di vihara

    slalu begitu..

    gw slalu speechless tu klo dy uda ngomong gt...

    trs mrk juga kebanyakan belom tw ajaran budhis kaya apa, tapi uda cao duluan..
    kan sayang bgt..


    anyway, klo sekarang si, cara gw supaya mereka ga beralih ke agama tetangga, gw ajakin aja mereka ikut KMB..
    hehe

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: how to....

    Post  Tin Dewi on Sun Dec 14, 2008 11:30 pm

    Wuah Lix.. jadi pgen sharing g..

    Dulu pas SMA g ada tmn Buddhis jg.. keluarganya Buddhis jg.. trus dia sering ajak g ke Vihara.. tp ga sering2 bgt.. intinya dia termasuk org yg cukup concern dgn agama Buddha.. tau2 skrng dia pindah ke agama tetangga sejak kuliah di Bandung. ktnya sejak kuliah tu dia jarang ikt kegiatan Buddhis lagi jadi lah dia pindah.. trus dia juga ikut kegiatan koor gitu yg mayoritas anggotanya ank2nya beragama tetanga.. so, g bersyukur bgt bs ktemu ma ank2 KMB.. hehe..

    menjawab pertanyaan topik ini..
    g jg ga tau gmn cara nyegahnya.. krn mnrt g klo soal agama itu urusan pribadi bgt.. palingan g coba ajak aja ke kegiatan Buddhis seblm dia bner2 pindah ke agama tetangga..

    mahaputra
    Count/Countess
    Count/Countess

    Male
    Jumlah posting : 104
    Age : 27
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmbvd-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK-07
    Registration date : 04.08.08

    Re: how to....

    Post  mahaputra on Mon Dec 15, 2008 12:33 am

    Bukannya justru agama buddha itu mengajarkan free will yach??

    Jadinya, y uda lah, terserah org ybs, yg penting dia hidup damai.. Hue2..

    Klo narik2 orang ato mencegah orang kesannya kek agama ybs..

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: how to....

    Post  juan on Mon Dec 15, 2008 12:48 am

    yep2.. bukannya gmn2 yah.. menurut gw yah klo ternyata org itu udah mengenal Dhamma dan masi juga pindah..
    brarti yah org itu karma ny dengan agama Buddha ini udah habis..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: how to....

    Post  felix nugroho on Mon Dec 15, 2008 1:17 am

    yah ga gt juga la bro..
    justru kebanyakan mereka ini belum ngerti dhamma tapi uda cao duluan..

    bukan nya mw maksa juga si..
    tapi minimal ada usaha la untuk mencegah..

    trs klo dy orang yang berpotensi (dalam arti bermobil, ato calon aktivis d)
    tapi dy pindah ke agama tetangga
    n dy malah jadi aktivis dsn, apa ga sayang????

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: how to....

    Post  juan on Mon Dec 15, 2008 1:30 am

    belum mengerti Dhamma lebi parah lagi..

    ga ngerti apa2 lebi berpotensi untuk pindah lah.. secara yah agama Buddha tuh sebenernya d mata org yg ga ngerti itu sulit..
    sedangkan agama tetangga, hanya dengan percaya padaNya lah makanya lw bisa masuk surga..
    bayangin ajah, cm percaya lsg masuk surga.. gmn ga lsg tertarik??

    yg sayang itu kalo uda mengenal Dhamma trus pindah..

    susah juga seh, Sang Buddha blg ehipassiko (kalo salah tulisannya tlg d koreksi).. mgkn dy sdh melihat dan menurut dy ajarannya ga cocok dengan dirinya yah mw d apain lagi??

    itulah gw blg makanya karmanya dengan agama Buddha udah habis..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: how to....

    Post  felix nugroho on Mon Dec 15, 2008 2:30 am

    juan wrote:belum mengerti Dhamma lebi parah lagi..

    yah justru ini ni masalahnya...

    jadi cara nya gimana??


    klo uda tw n pindah mah itu urusan dy dah...

    Metta Rosmawati
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 314
    Age : 29
    Lokasi : Bekasi
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma - Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Ekonomi/Akuntansi - 2006
    Registration date : 21.11.08

    Re: how to....

    Post  Metta Rosmawati on Mon Dec 15, 2008 11:39 am

    Wah..topik yg cukup menarik.. Smile

    Metta mao share jg nih..

    Gw punya tmn namanya X, dia itu ga tw klo di atma itu ada KMB.
    Jadinya, dari semester I dia aktif bgt di pastoran...
    Karena setiap kegiatannya slalu dia ikutin, akhirnya skrg dia jd jarang pergi ke vihara. Untungnya dia belom ampe pindah agama..

    Pas gw tanya kenapa ikut pastoran, si X ini bilang klo dia ikut pastoran cuma bwt dapet SKP doank.. ( weleh2... No )

    Akhirnya, gw ajakin aja ikut KMB...

    m : X, malem minggu-an kemana aje nih ?
    x : seperti biasa di rumah aja..
    m : emangnya lw blm pny cowo ?
    x : kaya nya ga ada cowo yg t'tarik ama gw nih..
    m : emangnya tipe cowo ya lw mao yg kaya gmn c ?
    x : yg pasti hrs seiman ama gw he4..di atma kan susah bgt cari cowo buddhist..
    m : sapa bilang..u tw ga si, di atma kan ada KMB ( truzz gw jelasin d tuh KMB
    apaan...)
    di KMB itu u bisa belajar lbh dalem lg ttg buddhist..sapa tw aja ada cowo yg
    nyantol he6...

    Berhubung jadwal kuliahnya si x ini bentrok ama jadwal kebaktian rutin.. dia bilang ke gw, dia mo ikut KMB semester depan..
    Semoga aja deh..dia serius..

    Menurut metta, cara yg ampuh bwt yakinin org laen biar ga pindah k agama tetangga, kita hrs yakinin dia klo agama buddha itu ga seburuk yg mereka bayangin..kasih tw jg contoh2 real dlm hidup kita ttg agama yg selama ini kita jalanin...bahwa mnjd buddhist itu menyenangkan...

    Klo masih ga bisa jg, kaya nya setiap org bebas untuk memeluk agamanya sesuai dgn kepercayaannya msg2..
    Jgn maksa orang...he4.



    Smile Smile

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: how to....

    Post  juan on Mon Dec 15, 2008 11:48 am

    ok deh metta...

    qta tungguin kedatangannya tuh teman lw..

    sekalian ajakin temen2 lw yg laen lagi biar rame... geek

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: how to....

    Post  felix nugroho on Mon Dec 15, 2008 1:41 pm

    @ metta : u kasih tw no n nama nya aj...
    biar bisa masuk data base..
    trs bisa dijarkomin d...

    tapi aneh ya, klo mw dapet SKP, masa aktif di pastoran??
    kaya ga ada UKM laen aja...

    Meili
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Female
    Jumlah posting : 143
    Age : 27
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dharma - Atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK - 2007
    Registration date : 02.10.08

    Re: how to....

    Post  Meili on Mon Dec 15, 2008 2:19 pm

    membiarkan dia hidup di jalann yang mau dia tempuh sendiri, jika pindah agama adalah jalannya.

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: how to....

    Post  Tin Dewi on Tue Dec 16, 2008 5:24 pm

    Nih g ada kutipan bagus nih sesuai ma topik ni.. Bener tu yg Metta bilang, kasih tau ke mereka ttg agama Buddha, contoh2 real dlm kehidupan kita.. d mau memilih ato ga terserah dia..

    " Aku tidak mengajar untuk menjadikanmu sebagai Murid-Ku.
    Aku tidak tetarik untuk membuatmu menjadi murid-Ku.
    Aku tidak tertarik untuk memutuskan hubunganmu dengan gurumu yang lama.
    Aku bahkan tidak tertarik untuk mengubah tujuanmu, karena setiap orang ingin lepas dari penderitaan.
    Cobalah apa yang telah Kutemukan ini,
    dan nilailah oleh dirimu sendiri.
    Jika itu baik bagimu, terimalah.
    Jika tidak, janganlah engkau terima. "

    (Buddha Gautama, Sutta Udumbara)

    justina ningsih
    Elder
    Elder

    Female
    Jumlah posting : 40
    Age : 31
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmb viriya dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran Atmajaya 2003
    Registration date : 24.01.08

    Re: how to....

    Post  justina ningsih on Tue Dec 16, 2008 8:39 pm

    @Tin Dewi
    gw juga pernah dgr sabda tersebut
    Begitu lah ajaran Sang Buddha
    tak ada pemaksaan
    klo menurut lo baik maka lo jalanin dan lo terima

    Gw sempat kecewa karena kakak gw dulu gak sempat mengenal Dhamma dan dia keburu pindah agama
    Saat itupun gw belum mengenal Dhamma sih
    Klo nurutin ego gw, rasanya gw pengen ngajak dia balik
    tapi, melihat ia cinta dengan jalannya yg sekarang gw bisa erima
    toh dia bahagia
    Gw juga sering nemenin temen gw kebaktian di gereja
    Gw akui toleransi gw cukup tinggi utk satu hal ini

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: how to....

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 16, 2008 10:40 pm

    g mendingan suruh d cepet2 pindah daripada mencegah. lagian d uda ga ada kepercayaan lagi di Buddha, jadi buat apa dipertahankan. malah jadi aib.

    Dixon
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 16
    Age : 27
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dharma - Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK - 2007
    Registration date : 28.08.08

    Re: how to....

    Post  Dixon on Tue Dec 16, 2008 10:44 pm

    hmm... mungkin lebih baik ngga usah dicegah, soalnya kita juga ga punya hal / kemampuan untuk mencegah. Ngeliat temen pindah agama memang kadang" agak disayangkan juga tp gw sendiri juga salah satu orang yang males menceritakan panjang lebar tentang agama gw ke orang lain yang bimbang atau berlainan agama, takut jadinya ribut.. Selama dia menjadi orang yang baik beda agama juga ga masalah..

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    Re: how to....

    Post  William on Tue Dec 16, 2008 11:25 pm

    Dari sudut pandang gw, gw melihat umumnya orang lebih banyak pindah agama itu bukan karena faktor ketidakcocokan ajarannya tapi karena faktor pergaulannya.

    Dalam kehidupan sehari-hari orang bersosialisasi dengan orang lain yang bermacam-macam, dari berbagai kelompok/komunitas. Nah, ketika orang itu dalam pergaulan di komunitas awalnya tidak sesuai yang dia harapkan, maka ketika dia melihat ada komunitas lain yang lebih menarik, tentu saja orang tersebut akan mencoba untuk masuk ke komunitas barunya. Jika ternyata dia benar merasa cocok, maka dia tidak akan ragu untuk benar-benar pindah.

    Orang-orang seperti ini harusnya diberi pendekatan bukan dari segi kebenaran atau keunggulan suatu ajaran, tapi lebih kepada pendekatan sosial. Ajaklah orang tersebut untuk ikut kegiatan positif yang bernuansa kebersamaan.

    Makanya gw sebenarnya merasa senang kalau ada teman-teman KMB yang berinisiatif untuk membuat acara-acara seperti itu. Justru kegiatan seperti inilah yang sebenarnya paling efektif untuk mencegah teman-teman kita berpikir untuk berpindah ke komunitas lain. Karena gw tahu, sebagian besar anggota KMB belum memiliki basic Dharma yang kuat sehingga rentan untuk berpindah komunitas.

    Coba lihat acara-acara inisiatif yang pernah teman-teman KMB lakukan, seperti paduan suara, jalan-jalan ke TA, weekend ke cafe strawberry, acara makan bersama setelah kebaktian, nonton bareng, dll. Acara-acara itu telah menciptakan suasana yang menyenangkan buat teman-teman KMB semua. Efeknya? Lihatlah kebaktian Jumat kita yang terus mendatangkan anggota baru dan mencatat rata-rata kehadiran 10 orang per kebaktian (bahkan 20 utk kebaktian menjelang ujian, hehe!). Sebagai gambaran, untuk kondisi KMB sekarang, menghadirkan 5 orang di kebaktian rutin saja membutuhkan usaha yang tidak sedikit lho. Dengan demikian secara tidak langsung kita juga menciptakan kesempatan buat teman-teman untuk lebih dekat dengan Buddha Dharma melalui kegiatan kebersamaan tersebut.

    Intinya, kalau seseorang merasakan ada hal yang menarik dari satu kegiatan suatu komunitas, maka orang itu akan lebih willing untuk mengikuti kegiatan lain dari komunitas tersebut. Hence, ga akan ada yang namanya orang pindah agama gara-gara "ga ada yang ngajakin", "ga ada yang nemenin", "ga kenal siapa-siapa", dll yang selama ini menjadi alasan utama seseorang pindah agama.


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: how to....

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 16, 2008 11:38 pm

    g jarang denger ada yang pindah karena pergaulan yang lebih menarik...
    dari temen2 g yang pindah itu karena ada yang anggap Buddha ga lebih baik, ada yang pindah karena menikah, dan ada yang pindah karena ga cocok dengan agama Buddha.

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    Re: how to....

    Post  William on Tue Dec 16, 2008 11:56 pm

    felix nugroho wrote:
    klo temen gw kebanyakan yang pindah ke agama tetangga tu
    alesan nya :
    ga punya temen di vihara

    slalu begitu..

    Tin Dewi wrote:
    Dulu pas SMA g ada tmn Buddhis jg.. keluarganya Buddhis jg.. trus dia sering ajak g ke Vihara.. tp ga sering2 bgt.. intinya dia termasuk org yg cukup concern dgn agama Buddha.. tau2 skrng dia pindah ke agama tetangga sejak kuliah di Bandung. ktnya sejak kuliah tu dia jarang ikt kegiatan Buddhis lagi jadi lah dia pindah..

    Metta Rosmawati wrote:
    Gw punya tmn namanya X, dia itu ga tw klo di atma itu ada KMB.
    Jadinya, dari semester I dia aktif bgt di pastoran...
    Karena setiap kegiatannya slalu dia ikutin, akhirnya skrg dia jd jarang pergi ke vihara.

    Ini contoh kasus yang diangkat sama teman-teman KMB di awal topik ini. Lihat titik temunya? Inilah yang gw comment pada tulisan gw sebelumnya..

    king


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    ceLLo
    Messenger
    Messenger

    Female
    Jumlah posting : 624
    Age : 27
    Lokasi : jakarta n depok
    Nama KMB - Universitas : KMBUI-Indonesia
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : hukum-2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: how to....

    Post  ceLLo on Wed Dec 17, 2008 1:07 pm

    temen g banyak ne kek gn
    cuman ga deket ma g
    g dah usaha ngmg
    tp mereka ga nurut he
    y udah
    sedih jg si

    mereka selalu bilang
    ga ngerti gmn cara berdoanya
    kalo katolik kan bdoa di kamar...trs tanda salib.finish
    kalo buddha..beda...gt
    g dah ajak2 k vihara tapi mereka ga mau
    gt
    susah2 jg si
    lebih2 lingkungan pada ajak ke greja

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: how to....

    Post  Tin Dewi on Wed Dec 17, 2008 7:15 pm

    Banyak juga c tmn2 g yang dari keluarga Buddhis tp skul di skola Katolik dr TK-SMA, krn orang tuanya ga ngenalin ajaran Buddhis ke mereka, n pergaulan dia di komunitas KAtolik, akhirnya d milih untuk jadi Katolik..

    Jd g yakin bgt klo pergaulan tu mempengaruhi jg orang pindah agama..

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: how to....

    Post  The Undertaker Reagan on Wed Dec 17, 2008 9:27 pm

    tapi kalo dipikir2, bukannya emank lebih baik mereka itu pindah aja ya!!!
    kan ceritanya mereka lebih nyaman di sana dibanding Buddhist..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: how to....

    Post  felix nugroho on Sun Dec 21, 2008 4:07 am

    @ dewi : contoh ny ada ne..
    oo gw (kakak n dd bokap gw), semua nya pindah ke tetangga n FANATIK abis...
    bokap gw ga pindah, coz dy termasuk orang yang ga mw ribeti sama agama (semua agama sama baiknya).
    tapi buseeet, tp x mereka dateng ke rumah, selalu berkotbah soal agama nya.. cape d...

    @ reagan : yah seperti yang gw bilang..
    kebanyakan mereka ini belom penah ikut ato tw tentang dhamma sekalipun. tapi dy uda merasa ga cocok. n begitu dy pindah (coz diajakin) dy langsung merasa cocok, mungkin ya seperti yang wil bilang, karena lingkungan nya (ada temen, dll)...


    @ cello : klo cuma karena ga ngerti masih mending d.. (asal belom pindah aja...)
    kan bisa u ajakin ke vihara..
    ato ga ajakin aja mereka ikut KMB dulu, kenal sama anak2nya. trs baru d mulai diajakin ke vihara..

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Re: how to....

    Post  Veronica Maris on Tue Feb 17, 2009 6:23 pm

    Mnrt g seh mslh pindah agama tu fine2 aj.. Selama org tersebut msh berada di jalan yg bener.. Krn pindah agama tu hak org yang bersangkutan. Mgkn mereka mo mencari jalan hidup yang sesuai dengan mereka..

    Roy Steven
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Male
    Jumlah posting : 155
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta, Pluit
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK
    Registration date : 09.06.08

    Re: how to....

    Post  Roy Steven on Wed Feb 18, 2009 1:28 am

    Veronica Maris wrote:Mnrt g seh mslh pindah agama tu fine2 aj.. Selama org tersebut msh berada di jalan yg bener.. Krn pindah agama tu hak org yang bersangkutan. Mgkn mereka mo mencari jalan hidup yang sesuai dengan mereka..

    Setuju!!!
    mau pindah agama ga masalah..
    intinya jadi orang baik, berbuat baik, jangan bikin orang celaka..

    Sponsored content

    Re: how to....

    Post  Sponsored content Today at 12:48 pm


      Waktu sekarang Tue Dec 06, 2016 12:48 pm