Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    Pengalaman Meditasi

    Share

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Pengalaman Meditasi

    Post  Veronica Maris on Thu Nov 27, 2008 8:04 pm

    Bagi2 pengalaman meditasi dunkz... Very Happy

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    Pengalaman meditasi gw

    Post  William on Thu Nov 27, 2008 9:17 pm

    Gw biasa melakukan meditasi sederhana seperti anapanasati (objek pernafasan) dan metta bhavana (objek cinta kasih).

    Anapanasati gw lakukan pada pagi hari. Biasanya suara adzan subuh jadi alarm bangun pagi. Lalu gw setel alarm di hp untuk waktu 5 menit. Sebelum meditasi gw minum sedikit air biar rada seger. Nah, setelah adzan selesai, gw baru mulai meditasi. Biasanya gw butuh sekitar 2 menit untuk memfokuskan pikiran supaya ga ngelantur. Soalnya pikiran gw kadang sulit buat diajak kompromi. Efek nyata yang gw rasakan dari meditasi ini ialah bertambahnya kemampuan otak gw dalam berpikir. Rasanya lebih gampang konsen dalam melakukan kegiatan di hari itu dan lebih mudah menyerap informasi.

    Kalau metta bhavana biasa gw lakukan pas kebaktian, baik saat jadi umat maupun pas jadi pemimpin kebaktian. Meditasi ini gw lakukan dengan membaca dalam hati "Sabbe satta bhavantu sukkhi tatta, semoga semua makhluk berbahagia" dalam tempo tertentu. Nah, ini berfungsi sebagai timer biologis. Kira2 30x gw baca maka 5 menit telah berlalu. Kadang kl temponya rada kacau, suka jadi 4 menit doang pas gw lihat di hp..Efeknya sih sama aja dengan yang pertama, tapi yang ini sekaligus melatih kesabaran dan ritme biologis.

    Gw cuma melakukan kedua jenis meditasi itu aja..hehe! Temen2 yg lain gimana? ada pengalaman yang mau di share?


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    Stephen UC
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Male
    Jumlah posting : 229
    Age : 27
    Lokasi : Pluit
    Nama KMB - Universitas : Viriya Damma- Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran 2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  Stephen UC on Fri Nov 28, 2008 2:05 am

    biasa pake meditasi dgn objek kluar masuk nafas...
    biasa klo yg ini kuat 10-15 menit >.<
    gw ga kuat lama2... hikz T_T krn tulang belakang jd sakit lama2 n tiba2 ketika hal itu terjadi objek meditasi berubah jadi rasa sakit itu sekitar 5 menit 0_o

    yg perna dicoba dan berhasil dgn objek... nafas, benda(visual), suara(audio), rasa sakit, rasa marah, pikiran monyet sama sleeping meditation...
    yg menarik tuh meditasi pikiran monyet... gw diajarin kata na serasa nonton bioskop... n itu bener terjadi haha...
    trus sleeping meditation... gw berhasil sekali... dan gw merasa terbangun selama gw tidur, begitu bangun gw merasa fresh banget...

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  Veronica Maris on Sat Nov 29, 2008 3:35 pm

    G sndr byasanya Vippasana kdg Samatha yg anapanasathi kdg Metta Bhavana jg. Tp g lbh sering yg Vippasana coz g dl pernah ikt retretnya seh.. Awlny mang skt bgt duduk 5menit ud serasa sejam n sakitnya bukan main.. Kaki ud serasa ga da gt.. Tp lama kelamaan g bs duduk sekitar 1 sampe 2 jam n rasanya enak bgt. Lbh enak dari tdr.. Kt guru meditasi pas g ikt retret Vippasana dulu tdr sebenernya cm perlu 3 jam sisanya lebih bgs dari meditasi karena 1 jam meditasi sama dengan tidur 6 jam. G jg ud sempet ngerasain yg namanya Anicca (tu pasti semua bs dpt pas meditasi Vippasana) n Anatta/bukan aku. Di mana klo Vippasana kt harus mencatat semua sensasi apapun yang kt rasakan tp ga bole diteliti cm disadari n dicatet aj dlm hati (cth: sakit, sakit, sakit gt trus mpe u sktnya ilang ato konsentrasi u blk k objek utama yaitu kembang kempis napas). Guru meditasinya bilang klo sakit ga bole lgsg pindah posisi tp u cb tahan n amati sakit itu n g cb tu selang setengah jam g duduk, g br sakit n mkn lm mkn skt (jujur g ud ga tahan) tp mkn skt u mkn konsen ke skt tu n tb2 g ngerasa rasa sakit itu menjauh dari g kyk g berdiri di sini n sakit berdiri di sana jd kyk misah gt. Pas intervew ma Guru meditasiny, Guru Meditasinya bolang bgs bgt g ud bs ngerasain itu n ktnya itulah yang disebut dgn Anatta/bukan aku. G ud 4x seh kit retret meditasi tp plg enak cm yang pas kedua kalinya g ikt coz yg kedua kalinya g ikt tu g ikt yg 10 hari jd lbh dpt n krn 101 hai kan lama bgt tu jrg org yg mo ikt krn kelamaan jdnya dikit yg ikt jdnya lbh sepi n lbh konsen d. hehehe... Sisanya g ikt yg 3 hr doank tu lmyn rame.. Ga enak..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  felix nugroho on Sun Nov 30, 2008 12:54 am

    wah, gila...
    salut buat yang meditasi...
    especially to maris..
    dulu gw penah mw ikut yang vipasssana 10 hari..
    tapi ga jadi.. hehe
    coz waktu itu gw penah coba dulu, latian meditasi sendirian..

    jadi gw bangun pagi2 trs gw meditasi d, tapiiiii cuma beberapa hari gw uda ga kuat, itupun cuma 5-10 menit....
    gimana vipasana yang 10 hari???? mate dah... hehe

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  Veronica Maris on Mon Dec 01, 2008 6:35 pm

    G jg awal2nya tkt ga sanggup.. Tp mesti bertekad dl.. Tmn2 yg dl brg g ikt meditasi Vippasana 10 hari aj pd ga sanggup n pd nangis mo plg..

    haryadi
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 627
    Age : 27
    Lokasi : kramat jati no:59
    Nama KMB - Universitas : KMBVD-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : IESP 2007-2011
    Registration date : 18.05.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  haryadi on Tue Dec 02, 2008 11:31 pm

    jujur aja g jarang banget meditasi selain diwihara pas kebaktian..hehe.. tp meditasi pernapasan itu bagus loh, g cuman mau sharing aja. dolo bokap g sering bgt asma dah gt semenjak dy meditasi pernapasan, asmany dah ga pernah lg kambuh..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  felix nugroho on Fri Dec 05, 2008 2:49 am

    iya d..
    gw jadi tertarik juga ne ikut meditasi...
    tapi jangan yang 10 hari juga si, takut ga kuat gw..

    coba yang 3 hari aja...
    ada yang mw ikut juga? hehe

    trs maris, klo cari info tentang meditasi gt dimana y??

    ceLLo
    Messenger
    Messenger

    Female
    Jumlah posting : 624
    Age : 27
    Lokasi : jakarta n depok
    Nama KMB - Universitas : KMBUI-Indonesia
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : hukum-2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  ceLLo on Mon Jan 05, 2009 7:17 pm

    kalo ada info meditasi kasi tau g ya
    hehe
    soale adek g mo ikut
    hehe

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  felix nugroho on Mon Jan 05, 2009 11:43 pm

    @ cello : telat u...
    maris tu baru aja ikut, akhir tahun lalu ada...

    @ maris : gmn hasil meditasi nya bu? apakah tampang jutek mu sudah berkurang?? wkwkwkwk

    Sponsored content

    Re: Pengalaman Meditasi

    Post  Sponsored content Today at 2:45 am


      Waktu sekarang Sun Dec 04, 2016 2:45 am