Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Share

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Tin Dewi on Wed Nov 12, 2008 8:44 am

    Dulu.. pernah ada yang nanya ama gue, Gimana sih pandangan Agama Buddha mengenai Hubungan sejenis, cowo-cowo atau cewe-cewe? Dosa gak sih? (karena waktu itu yang nanya temen gue bukan Buddhis)

    Setelah nanya2 ke beberapa sumber, akhirnya g jawabin : Dalam agama Buddha itu semuanya balik ke karma orang itu masing-masing.. Dibilang dosa atau enggak, dalam Buddhisme itu adanya Karma, bukan dosa.. kurang lebih sih akhirnya g jawab kaya gitu..

    Nah menurut teman2 gmn? hehe..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  felix nugroho on Wed Nov 12, 2008 9:27 pm

    klo yg pnh gw baca si, di budhis ada 3 alat untuk seseorang dianggap melakukan sex :
    - mulut
    - kelamin
    - anus

    tp ga penah disebut soal hubugan yang sejenis gt (ini katanya bhante Utamo lho)

    jadi, kl menurut gw si di budhis itu ga dilarang hubungan sejenis, kan mereka bisa kaya gt juga karena karma buruk nya berbuah..

    klo di budhis dilarang buat hubungan sejenis gt, brt kontradiksi dong sama hukum karma???

    Metta Rosmawati
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 314
    Age : 29
    Lokasi : Bekasi
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma - Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Ekonomi/Akuntansi - 2006
    Registration date : 21.11.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Metta Rosmawati on Tue Dec 09, 2008 5:51 pm

    Kaum homoseksual dalam agama buddha biasa disebut 'pandaka'
    Pandaka diterjemahkan sebagai seseorang yg berperilaku seksual tidak tepat seperti layaknya perempuan..

    Dalam vinaya ditetapkan bahwa para pandaka tidak diperbolehkan untuk ditasbihkan, bila hal itu terjadi maka orang tersebut akan dikeluarkan dari sangha.

    Menurut gw, seorang pandaka itu udah melanggar pancasila terutama sila ke tiga
    ( aku bertekad untuk melatih diri menghindari asusila ).

    "Orang yg selalu mencari kesenangan tidak dapat mengendalikan indria-indrianya, malas dan lemah ia pasti akan ditaklukan oleh mara, bagaikan pohon kayu yg lemah ditumbangkan oleh angin topan yg dasyat." ( Dhammapada 7 ).

    " Orang yg dpt mengendalikan indrianya bagaikan seorang kusir yg dpt mengendalikan kudanya, yg telah dpt menghilangkan kesombongannya dan hanya dengan ulet dpt membersihkan batinnyadari noda-noda. orang seperti ini dicintai oleh para dewa " ( Dhammapada 94 ).

    Teman2, ada yg udah pernah melanggar pancasila?
    Kalaupun ada, semoga hal itu terjadi karena ketidaktahuan / tidak sengaja melanggarnya ya !

    Smile

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 09, 2008 9:57 pm

    felix nugroho wrote:klo yg pnh gw baca si, di budhis ada 3 alat untuk seseorang dianggap melakukan sex :
    - mulut
    - kelamin
    - anus


    lho???di luar buddhis juga kaya bgt..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  felix nugroho on Tue Dec 09, 2008 11:07 pm

    @ metta : menurut gw si, ga melanggar sila ke 3 ya...
    kan perbedaan nya hanya di "orientasi seksual"

    klo dy bisa menahan diri, ato mungkin klo uda menikah
    brt ga melanggar sila dong?

    @ reagan : agama apa tu?
    kristen lage?

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  juan on Wed Dec 10, 2008 10:20 am

    @felix itu bukan penjelasan dr agama laen.. (jangan sebut2 nama agama cuy..pake inisial atw apa gtu..)
    Sigmund Freud perna blg hal seperti itu juga..
    ada d perkembangan mental dan seksual gitu deh kalo ga salah..

    jd kata Sigmund Freud yah, perkembangan seksual dr masi kecil itu dimulai dr anal, jadi menurut dy juga kalo anak kecil itu suka nahan2 perasaan ingin BAB.. stlh perasaan itu tertahan dan akhirnya terlepaskan (jadi BAB maksudnya) itu kn ada kepuasan tersendiri.. (coba inget2 dulu pas kecil..)

    trus selanjutnya itu perkembangan secara seksualnya tuh pindah k mulut.. menurut dy, itulah kenapa anak kecil tuh suka ngulum2 pas makan.. karena itu ada kepuasan tersendiri..

    perkembangan paling akhir tuh pindah ke genitalia.. tp jangan samain sama kepuasaan secara seksual yg org dewasa yah.. ini berbeda soale..
    makanya kn kalo d liat anak2 suka maen2in alat kelaminnya.. tp mrk tuh bukan merasakan kepuasan seksual yg sampe orgasmus, tp hanya geli2 sensual..

    bwt selengkapnya lw baca ajah bukunya Sigmund Freud tuh..

    @metta gw ngerti seh yg kalo pandaka tuh ngelanggar sila..
    tp kalo yg penjelasan lw dr Dhammapada itu gw aga2 ga ngerti.. hehe

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Tin Dewi on Wed Dec 10, 2008 10:38 am

    @ Juan: nama teorinya itu perkembangan Psikoseksual..

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  juan on Wed Dec 10, 2008 2:28 pm

    @dewi nah itu dy... gw sempet lupa.. maklum itu gw bljr pas lg smt 4.. hehehe jd skrg udah berhembus keluar dr ingatan..
    tq bwt koreksinya... ^^

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Tin Dewi on Wed Dec 10, 2008 9:12 pm

    @ Juan: haha.. sama2 ^^ di Psikologi diulang terus tu teori.. hehe..

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  The Undertaker Reagan on Wed Dec 10, 2008 10:11 pm

    @ce: gila oi.... mantep. sepertinya g pernah belajar itu pada semester 2, dan kalo ga salah salah 1 pembina KMB yang memberikan kuliah.....

    @felix: yg g maksd itu di luar agama. kalo bicara kedokteran, ilmu agama ga bisa dimasukin.

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  juan on Thu Dec 11, 2008 12:15 am

    yah... emg dr. Dharmadut yg memberikan kuliah ini seh.. secara neh ada d buku ilmu perilakunya dy gitu...

    soale dulu gw hapal mantep neh teori.. cuma namanya yg lupa.. hohoho tp akibat2 yg ditimbulkan kalo terjadi retensi dr perkembangan2nya juga gw lupa tuh.. mesti buka ulang lg..

    mahaputra
    Count/Countess
    Count/Countess

    Male
    Jumlah posting : 104
    Age : 27
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmbvd-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK-07
    Registration date : 04.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  mahaputra on Fri Dec 12, 2008 1:07 am

    Gw pernah baca dari buku import, yg nulis org luar..
    Yg namanya homo baik wanita maupun laki2 itu bukan hal yg normal..
    Itu patologis mental, maksudnya disini, homo itu bukan pilihan, tapi bawaan (emang dari lahir dia uda bakat homo)..
    Dn rata2 seorang individu baru menyadari klo dia menyukai sesama jenis pada umur atau tahap remaja..

    Jadi.. Yach.. Sebenernya sich.. gw ga taw juga ini jelek ato ga..

    Tp yg pasti gw ga suka liat orang homoan.. pale

    Bikin emesis doank.. pale

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Tin Dewi on Fri Dec 12, 2008 1:23 pm

    Yang g tau, sekrang itu Homo itu cuma dianggap penyimpangan orientasi seksual, dan tidak dimasukan sebagai gangguan kejiwaan.. jadi uda ga dianggap patologis lg..

    @ Metta: thx Metta buat jawabannya..

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  kevin jawan on Fri Dec 12, 2008 2:23 pm

    Kalo setahu gw, Homoseksualitas itu adalah BUAH KARMA BURUK akibat dari kehidupan lalu suka melanggar sila ketiga...

    Tapi, kalau misalkan sekarang dia melanggar sila atau tidak, itu tergantung dari perbuatannya, bukan dari sifat homonya, mengerti??? hehe

    Kata Buddha, untuk melanggar sila ketiga ada syarat yang harus dipenuhi semua, yaitu:
    1) Ada orang yang TIDAK pantas disetubuhi
    2) Ada niat untuk menyetubuhi
    3) Ada usaha untuk menyetubuhi
    4) Berhasil memasukkan alat kelaminnya ke dalam vagina, anus, ataupun mulut walaupun hanya sedalam biji wijen.

    Kalo semua syarat itu terpenuhi, baru orang itu disebut melanggar sila ketiga....

    Nah, sekarang kita bahas hubungannya dengan homoseksual.....
    Menurut syarat pertama, orang yang tidak pantas disetubuhi adalah:
    1) yang di bawah perlindungan orangtua, orangtua asuh, kakak, atau sanak keluarga lain.
    2) yang menjadi anggota Sangha (bhiksu/ bhiksuni), dalam hal ini Samanera/Samaneri bisa menjadi pertimbangan.
    3) yang menjadi tawanan penjara/ narapidana.
    4) yang menurut waktu tidak pantas disetubuhi, contohnya: yang sedang melaksanakan sila ketiga dalam Delapan Sila setiap Ce it Cap Go, yaitu tidak akan melakukan hubungan seksual meskipun antar suami-istri.

    Yang gw ingat waktu SMA sih gitu lah intinya... tapi lihat baik2 deh, GAK ADA tulisan SESAMA PRIA ataupun SESAMA WANITA dalam daftar orang yang tidak pantas disetubuhi, kenapa demikian????

    Karena meskipun orang itu HOMO dan melakukannya dengan sesama jenis tapi tidak terikat dengan salah satu kriteria orang yang tidak pantas disetubuhi, itu tidak melanggar sila ketiga, ini bisa dianggap sama dengan hubungan suami-istri yang sudah tidak di bawah perlindungan keluarga lagi....

    Nah, kalau si HOMO itu suka memaksa orang lain yang masih dalam kriteria tidak pantas disetubuhi seperrti anak kecil, anak SMA, anak kuliah, bla bla bla, itu baru melanggar sila ketiga.....

    Selain itu, Buddhisme bukanlah agama etnik tertentu yang menetapkan peraturan untuk segala aspek kehidupan.

    Coba lihat kebudayaan Romawi kuno, Homoseksualitas bukanlah hal yang tabu, itu diterima sebagai bagian dari masyarakat dengan syarat tidak mengacaukan ketertiban masyarakat setempat pada waktu itu...

    Meskipun tidak melarang secara eksplisit, Buddhisme tidak menganjurkan aktivitas Homoseksual, karena sifat homoseksualitas itu adalah buah karma buruk, jadi tidak boleh dituruti hawa nafsunya itu....

    Sekarang tinggal tergantung pilihan si Homo itu, mau berjuang untuk memperbaiki diri dalam Buddha Dharma, atau terus terjerumus dalam sifat Homo-nya.....

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  felix nugroho on Sun Dec 14, 2008 12:31 pm

    @ kevin : penjelasan ny mantep.. hehe

    tapi gw tetep ga setuju si, tentang yang homo harus "diperbaiki"


    @ tin : homo itu bukan nya ada 2 jenis ya?
    yang emang bawaan lahir
    sama yang karena terpengaruh lingkungan (penah disodomi, dll)

    klo yang bawaan lahir, mungkin emang penyimpangan
    tapi kl yang terpengaruh, itu bukan nya kejiwaan???

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  kevin jawan on Sun Dec 14, 2008 2:03 pm

    Maksud gw di"perbaiki" itu bukan mengubah sifat homonya jadi normal (kalo bisa kenapa tidak, he2?), tapi mengubah prilakunya yang cenderung suka melanggar Pancasila...

    Orang2 dengan sifat seperti itu kan CENDERUNG suka "bertukar2 pasangan", itu kan melanggar Pancasila.... ho3

    Tin Dewi
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 321
    Age : 30
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dharma-UAJ
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Psikologi-2005
    Registration date : 20.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Tin Dewi on Sun Dec 14, 2008 11:18 pm

    @ Kevin: tapi setau g, ada lho homo yg nyari pasangan sehidup semati.. jd nantinya mereka ky suami istri pada umumnya.. bahkan ada yang sampe adopsi anak..

    @ Felix: tadinya emang masuk masalah kejiwaan.. tp perkumpulan homo d amerika itu protes n minta homoseksual itu dikeluarkan dari daftar gangguan kejiwaan.. jadilah dianggap cuma penyimpangan seksual.. jd dianggap normal..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  felix nugroho on Mon Dec 15, 2008 2:34 am

    @ kevin : bener tu, gw setuju sama tin

    klo soal melanggar sila mah, yang normal juga ada..
    malah gw bilang lebih parah daripada yang gay...

    @ tin : weleh2...
    US again.. males d..


    penah tw ada manusia berkelamin ganda????
    di budhis gw penah denger tu...

    n kemaren gw nonto oprah n baru liat orang nya kaya apa...

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  kevin jawan on Mon Dec 15, 2008 11:34 am

    @ Tin: emang ada homo yang hidup ny sehidup semati gitu, tapi sisanya lagi cenderung untuk berganti2 pasangan sesama homo, meskipun orang heteroseksual yang normal juga banyaaak yang berganti2 pasangan ny....

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  The Undertaker Reagan on Tue Dec 16, 2008 11:01 pm

    @felix: sepertinya homo itu cuma pengaruh dari pola asuh dia dari kecil, kalo emang salah bisa jadi penyimpangan, kalo tepat d tumbuh jadi manusia normal. menurut g masih ada hubungan kejiawaan, perilaku seksual itu masih berhubungan erat dengan jiwa.

    g pernah liat ada manusia kelamin ganda, tapi yang kaya gitu akhirnya dioperasi jadi 1 kelamin, tergantung dari manusianya, cenderung ke co ato ce.

    Sponsored content

    Re: Homoseksual dalam Agama Buddha..

    Post  Sponsored content Today at 2:44 pm


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 2:44 pm