Forum KMB Viriya Dhamma

Selamat Datang di Forum Keluarga Mahasiswa Buddhis Viriya Dhamma!!

Login

Lupa password?

Latest topics

» Kenapa begitu ya??
Fri Oct 22, 2010 3:58 pm by Try budi

» Tatoo Dalam Buddhisme :?:
Fri Oct 22, 2010 3:23 pm by Try budi

» Apa bedanya Vihara dan Kelenteng
Fri Oct 22, 2010 3:07 pm by Try budi

» sate torpedo
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» toko mas jelita
Thu Dec 10, 2009 3:03 pm by felix nugroho

» tabrakan mengerikan
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» seperti mama
Thu Dec 10, 2009 3:02 pm by felix nugroho

» sedihnya jadi cowo
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

» sayembara putri raja
Thu Dec 10, 2009 3:01 pm by felix nugroho

MAKRAB KMBVD 2009

Mon Jun 29, 2009 11:19 am by Elvilina

Teman - teman KMBVD akan mengadakan MALAM KEAKRABAN:
Tgl 14-17 Agustus 2009 ( 4 hr, 3 mlm )
Di Villa Azelea,Puncak
Acara ad fireworks,BBQ, Api Unggun di tempat yg enak n satu keuntungan bagi yg …

[ Full reading ]
Malam Kesenian + Charity Night bY KMB Dhammavaddhana..

Wed Jun 10, 2009 9:14 pm by kRistLe

tmenNn2, dtg eN ajak tmen2nyahh yG bnyx yawhHhh k acr Malam ksenian + Charity Night KMBD Binus :
"Express Our Spirit of Dhamma Through Art, Culture, n' Education"
Sabtu 13 Juni 09
17.00 …

[ Full reading ]
Perayaan Waisak KMB VD

Tue May 19, 2009 9:14 am by Elvilina

Teman - teman KMB VD mengundang untuk menghadiri perayaan waisak yang diadakan oleh KMB VD pada:
Tanggal: Minggu 24 ei '09
Waktu : Pukul 15.00-selesai
Tempat : Vihara Amurva Bhumi
JL. …

[ Full reading ]

RSS feeds


Yahoo! 
MSN 
AOL 
Netvibes 
Bloglines 

Poll

Apa kita akan memberikan dukungan pada mereka?
100% 100% [ 1 ]
0% 0% [ 0 ]
0% 0% [ 0 ]

Total Suara : 1


    mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Share

    ceLLo
    Messenger
    Messenger

    Female
    Jumlah posting : 624
    Age : 27
    Lokasi : jakarta n depok
    Nama KMB - Universitas : KMBUI-Indonesia
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : hukum-2007
    Registration date : 09.06.08

    mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  ceLLo on Mon Aug 25, 2008 9:16 pm

    mengapa? share2 ya ..


    Terakhir diubah oleh William tanggal Sun Dec 21, 2008 2:59 am, total 1 kali diubah (Reason for editing : make it an important thread (^^)v)

    William
    King
    King

    Male
    Jumlah posting : 390
    Age : 31
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB VD - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknobiologi/Biologi - 2004
    Registration date : 20.01.08

    My reason becoming a buddhist

    Post  William on Mon Aug 25, 2008 11:49 pm

    Waktu SD sampai kelas 3 SD, gw memuja Mr. J. Tapi pas kelas 4 SD, gw dapat kabar dari sekolah gw, Tri Ratna, kalau di hari minggu pada akhir bulan ada pesta ultah bareng di cetiya sekolah. Mulailah gw membelot di akhir bulan gw ke cetiya sekolah. Lama kelamaan jadi keterusan dan akhirnya mulai hampir tiap minggu gw ke cetiya. Bahkan pernah suatu hari gw kepergok ama kakak pembina di gereja dkt rumah gw (sekarang udah jadi tempat parkir tetangganya) dan gw dengan polosnya menunjukkan kartu absen cetiya ke dia. Gw bilang di sana ada acara ultah bareng temen-temen sekolah, makanya gw datang. Sejak saat itu, gw mulai rutin ke cetiya sekolahan.

    Pas SMP ada guru agama Buddha (pak Dwisa) yang mengajarkan bahwa jangan mempercayai ajaran agama Buddha secara buta. Bila terbukti bermanfaat, barulah kita mempercayai dan melaksanakan ajarannya. Nah, ajaran dia gw anggap sebagai tantangan. Setahu gw saat itu, agama tidaklah rasional seperti sains, makanya mudah dipatahkan dengan pemikiran logis. Satu per satu ajaran agama buddha gw kritisi dan ternyata gw pelajari sangatlah logis. Buat gw, menarik sekali ada agama yang pemikirannya mendekati sains sehingga tidak terkesan membodoh-bodohi.

    Mulai kelas 3 SMP gw diajak teman gw ke vihara Avalokitesvara di Mangga Besar, tapi cuma sekitar 2 minggu trus pindah ke Dharmasagara (DSP). Di situ gw merasakan perbedaan tata cara kebaktian dan akhirnya mulailah gw berkenalan dengan aliran mahayana. Waktu berlalu dan mulai tahun 2002 (gw kelas 2 SMU) gw mulai aktif di kegiatan DSP sebagai anggota sie Pendidikan. Sejak saat itu hingga sekarang, gw terus aktif di DSP di sie Pendidikan. Entah mulai kapan gw baru menyadari esensi mahayana mengenai konsep boddhisattva sehingga gw mendapat pencerahan dan bahkan menjadikan pendidikan sebagai jalan hidup gw. Gw memiliki visi besar "Holistic engagement through education" berkat agama buddha, konsep boddhisattva mahayana, dan banyak faktor lainnya (berhubung ini thread tentang mengapa milih agama buddha, jadi faktor yang berhubungan aja yang gw sampaikan). Thanks to buddhism I've found out my purpose in my current life.

    Bagaimana dengan teman-teman yang lain?
    Smile


    _________________
    Intellectuals solve problems, geniuses prevent them
    William S.Si :: Web
    http://william.co.nr

    William S.Si :: Blog
    [url]http://williamblog.tk[/url

    William S.Si :: CV
    [url]http://williamcv.tk[/url

    Stephen UC
    Marquis/Marchioness
    Marquis/Marchioness

    Male
    Jumlah posting : 229
    Age : 27
    Lokasi : Pluit
    Nama KMB - Universitas : Viriya Damma- Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran 2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Stephen UC on Tue Aug 26, 2008 8:41 pm

    gw awal na katholik coz lingkungan gw yg banyak katholik
    cuman dari lingkungan hidup gw yg buddhist cuman bokap gw waktu itu
    emang sih bokap gw lebi terkesan kong hu chu sebetulnya ketika itu...
    lama2 bokap gw sembahyang kwan se im posat mulai gw SMP
    gw juga ikutan
    lama2 gw juga pelajarin th buddha
    dan skrg sehubungan di jakarta gw lebi bebas dan gw makin lebi mendalami buddha
    maka dengan kata lain KTP gw juga berubah buddha hahaha
    bukan ktp doank sih
    sejak sma gw uda mulai menjurus ke buddha
    cuman sekarang lebih mendalami aja
    jadi gw tergolong fresh dan banyak ga taw juga soal buddha >.<

    ceLLo
    Messenger
    Messenger

    Female
    Jumlah posting : 624
    Age : 27
    Lokasi : jakarta n depok
    Nama KMB - Universitas : KMBUI-Indonesia
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : hukum-2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  ceLLo on Wed Aug 27, 2008 11:57 am

    kalo knp g buddhist
    karena g percya sama agama ini, agama ini udah banyak membantu hidup g
    dari lahir aj kata ortu g, g udah diselamatkan
    dulu pas g lahir kan miskin gt
    ga punya uang gt
    akhirna bokap g pas itu pegy sembayang ke cin te yen yang di ptak9
    mohon2 smg ada keajaiban
    eh bner ga lama uang datang hehe
    pas g gde, g hampir kemakan kelereng katanya
    untung na pas itu nyokap g nemuin g
    mulai SD, dulu rebutan juara kelas tu biasa hhaa
    akhirna g doa2 mohon gt
    lumayan selalu 3 besar

    banyAKKK banget keajaiban yang sangat indah dari buddha
    bner2 i' am proud to be buddhist
    hehe

    justina ningsih
    Elder
    Elder

    Female
    Jumlah posting : 40
    Age : 31
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : kmb viriya dhamma
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran Atmajaya 2003
    Registration date : 24.01.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  justina ningsih on Wed Aug 27, 2008 7:47 pm

    gw dari Tk mpe SMP hanya mengenal ajaran katolik dari sekolah, sama skali tak mengenal ajaran buddha..
    Orangtua gw buddha, tapi mereka cenderung kong hu cu, prnh gw ikt mke kelenteng tapi gw gak ngerti klo sembayang gt harus ngomong apa...
    Sampe akhirnya gw berniat sekolah minggu di gereja...
    Tapi....mungkin gw gak berjodoh ma tuhan mereka, mpe saat ini gw blum kesampean ke sekolah minggu, karena hari minggu gak ada supir, n gw takut utk minta bokap yang ngaterin..Padahal tante gw dah seneng bgt tuh gw mau ikutin jalur mereka..
    Jodoh gw utk mengenal Buddha berawal dari SMA..Saat itu ada SMA swasta yang baru memulai tahun ajaran baru..dan itu sekolah nasional dmana murid2nya akan belajar agama mereka masing2...
    Awalnya gw ragu bgt untuk sekolah disana krn gk tau kualitasnya seperti apa, tapi krn gw trtarik ama fasilitas2nya gw memberanikan diri mendaftar disana..
    Dan akhirnya gw temukan jalan indah itu.....
    Setiap hari jumat ada kelas agama, belajar baca paritta, diajarin namaskara yang benar, kadangkala ada kebaktian bersama dmana hadir anggota sangha, dan gw mulai tiap minggu ke vihara, dan mulai membantu jadi pemimpin kebaktian...
    Trima kasih kepada SMU KUSUMA BANGSA...trima kasih IBU SRI....
    Dan sejak kuliah gw mulai aktif ikut organisasi di vihara ekayana dan KMBVD, belajar sambil melayani...

    Sulit dikatakan kenapa gw lebih memilih agama buddha...
    Ada perasaan kangen ingin mencari ajaran buddha...

    Dixon
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 16
    Age : 27
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dharma - Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK - 2007
    Registration date : 28.08.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Dixon on Thu Aug 28, 2008 9:22 pm

    weits ga ada kerjaan maen ke forum... tertarik dengan posting lalu me-reply...

    kenapa jadi buddhist ya? hmm... kalo gw dari lingkungan ortu buddhis ke arah Kong Hu cu yah atpi mirip" lagh kalo menurut gw sih, terus juga dari SD - SMP dapet ajaran Buddhis dari skul gw di Mahatma dulu... Jadi secara keadaan udah mendukung buat menjadi Buddhis. Guru-guru yang ngajar dulu-dulu itu temperamen nya baik, gw seneng kalo diajar sama guru yang sabar & baik hahahaha...

    kalo untuk buddhism-nya sendiri ada beberapa ajaran yang bikin gw tertarik secara personal, misalnya tentang karma - berbuat baik/buruk akan membuahkan karma baik/buruk, memang sih kalo pernyataan ini dinyatakan begitu aja yang ada nanti malah ngadu mulut... agak males juga ngadu mulut tentang hal apapun, tapi ini bisa dibuktikan sebenernya... Kalo dari pengalaman gw sendiri gw inget banget waktu itu lagi SMP 1. ada temen sekolah gw, mis si A & B, trus temen les dkt rumah si C; waktu dulu itu suka main gebuk"an sambil kejar"an gtu d skolah bwakaka... trus gw mukul bagian punggung si B... di lain waktu gw ngobrol sama si A cerita kalo si B mukul punggung dia, dan yang trakhir aneh tapi nyatanya beberapa hari setelah itu punggung gw dipukul sama temen les gw si C... yaph bagi gw cukup unik ... tapi berharga juga untuk membuktikan alurnya hukum karma hahahah

    terus juga tentang penghargaan kehidupan terhadap makhluk lain selain manusia. Binatang, setan, dewa, raksasa... hmm... walaupun sebagian makhluk itu ngga kasat mata tapi yah gw meyaikini kalo mereka ada... dan pastinya juga punya perasaan seperti manusia, manifestasinya seperti apa memang kurang jelas sih... tapi mungkin bagi makhluk apapun yang berjodoh dengan kita suatu saat akan bertemu...

    yeph last but not least menjadi buddhis membuat hidup lebih santai... tidak menghiraukan penghinaan orang, tetapi tetap berusaha dan berupaya melakukan banyak hal baik... banyak yang ajaib" juga ha3...

    susah jelasin pake bahasa yang lugas... tetapi mungkin menjadi buddhis merupakan jodoh dan hasil karma baik yang pernah ditanam di masa yang lalu... well who knows!?

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  felix nugroho on Mon Sep 01, 2008 4:41 pm

    topik seru ne.. hehe

    klo gw, dulu gw tk kristen n tiap hari kerjanya nyanyi lagu kristen, sampe apal gw bo...
    tapi coz waktu itu gw masih kecil, jadi ga ngaruh banyak la
    trs sd di triratna yang skul budhis gt, gw baru mulai tw agama budha itu kaya apa, tapi gw tetep ga tertarik.
    sampe pas smp kelas 2, ada guru agama budha, dy nagajarnya enak bgt n lucu
    gw jadi sering tanya2 yang aneh ke dy (hiperaktif gt la).
    trs ya sejak itu gw jadi penasaran n mulai rajin ke vihara (awalnya si cuma di awal bulan aj, soalnya pas ulang tahun n ada makanan. hehe).
    trs gw denger ceramahnya andrie wongso n cornelis wowor..
    terpesona gw bo...
    trs ya uda sejak it d gw jadi tiap minggu kesana... walopun sejak gw kuliah, uda jarang ke vihara lagi... hehe

    klo agama budhanya sendiri.
    gw pecaya banget sama karma..
    anything u did, will come back 2 u.. (hehe, ngarang ne kata2...)

    n klo di agama laen, ada aj yang aneh2.
    cuma di budha yang gw puas bgt... hehe.
    maksudnya masuk logika gt...

    haryadi
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 627
    Age : 27
    Lokasi : kramat jati no:59
    Nama KMB - Universitas : KMBVD-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : IESP 2007-2011
    Registration date : 18.05.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  haryadi on Mon Sep 01, 2008 7:22 pm

    g skul dr kecil katolik, ampe g lulus sma pun g ikut agama katolik pdhal di skul g bisa milih agama apapun, krn g merasa dr kecil g dah milih katolik drpd tar ujian akhir g ga lulus krn agama jd g tetep milih katolik..haha..

    tp g sudah kewihara dr g sekolah 2 sd, g tiap minggu dah kewihara ampe g besar skrg masi kewihara walaupun pindah" wihara.. awal" g kewihara di cipanang klo ga salah wihara silaparamita dah gt g ke wihara mahavira graha pusat lalu skrg di mudita center..

    saat masi sekolah g ga pernah aktif diwihara tp g sangat senang klo dtg" ke wihara" dah gt ada yg ceramah ttg ajaran budha g seneng sekali denger ny.. hehe... tp semenjak kuliah ikut kmb dan ikut jd salah satu pengurus dimudita..hehe..

    ga ada salah ny belajar agama budha, krn ajaran ny ngajarin org gmn idup..hehehe

    Jennifer
    Viscount/Viscountess
    Viscount/Viscountess

    Female
    Jumlah posting : 54
    Age : 29
    Lokasi : Pluit,Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma- Atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran-2005
    Registration date : 07.07.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Jennifer on Tue Sep 02, 2008 12:27 am

    ehm..nyokap bokap g budhist n sebgn besar dr keluarga g emg buddhist so otomatis g ikut buddhist d...

    pertama kali ke vhr g takut bgt. tapi stlh ditemenin ma ci2 sepupu g seh jd gk takut lagi. ci2 sepupu g yg ajarin cara2 kebaktian n bc paritta. semenjak masuk sekolah mgg, g rajin ikut kegiatan vihara...
    g sbnrnya gk gt tau bny ajaran agama buddha walaupun dari kecil g ikut sekolah mgg. soalnya tiap ada dhamma class g kebnykn bolos n kabur pulang.
    jd ke vhr cm ikut kebaktian doang...
    nyesel jg seh knp gk dari dl mendalami ajaran buddha.

    mulai SMA g ngekost di Bogor n lmyn sering jg ke vhr krn tmn2 yg ngekost bny yg buddhist walupun sekolahnya katolik.
    trus kul g ikut KMB.

    selama ini seh g ngerasa Buddha udah bny bantu g... apalagi keluarga g.
    Buddha is the best lah....

    kevin jawan
    Baron/Baroness
    Baron/Baroness

    Male
    Jumlah posting : 27
    Age : 27
    Lokasi : Gading
    Nama KMB - Universitas : KMBVD/ Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/2007
    Registration date : 26.08.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  kevin jawan on Fri Sep 05, 2008 5:46 pm

    Whaa.... seru jg nich topik... Knapa gw jadi Buddhis???? hmmmm, gw jadi Buddhis karena Buddhisme itu ajaran yang masuk akal n tidak berharap untuk dipercaya, tapi dibuktikan (Ehipassiko), dan itu benar adanya..... Biar jadi panjang, gw ceritain deh kenapa gw jadi Buddhis, mulai dari sejarah versi gw, mumpung gw lagi sempet, wkwkwk.

    Begini ceritanya:
    Awalnya keluarga gw tuh dari awal emang Buddhis, mungkin Kong Hu Cu abisnya tradisi banget!!!
    Bahkan waktu kecil gw jadi "anak angkat" nya Dewa Lao Tze, pendiri Taoisme. kata nyokap gw diangkat (dibaptis????) ke Lao Tze karena gw suka sakit2an waktu kecil.....

    So, awalnya bisa dibilang gw penganut Tao..... trus gw ikut pelajaran agama Buddha sejak SD ampe SMA, awalnya sih cuman sekedar belajar n sekedar percaya hukum karma, tapi waktu kelas 2 SMP gw kayak kesambet gtu baca buku Dharma di perpus, gw jadi tertarik ama Buddha Dharma sejak itu....

    Sewaktu SMP kelas 1 gw sempat pengen pindah ke agama Kristen Protestan abisnya dulu kepala sekolah gw suka ngajak2 ke Kristen n bagi2in Alkitab meskipun sekolah gw itu umum, bukan kristen. Tapi gak jadi, entah mengapa gw merasa gk jodoh kyakny. Waktu kelas 3 SMP gw jadi penganut Theravada yang lumayan fanatik lho... gara2 buku Buddhis di perpus mayoritas adanya ajaran Theravada...nah, di rumah gw kan ada altar Guan Yin / Avalokitesvara, trus waktu itu gw bahkan menganggap Guan Yin bukan lah berasal dari Buddha Dharma dan menganggap Guan Yin dan segala "dewa2" lainnya hanya legenda yang "mencemari" agama Buddha, dan dulu gw cukup diskriminatif terhadap Mahayana....

    Tapi itu semua berubah sejak gw pindah k SMA baru gw yg kebetulan sekolah Buddhis d Sunter, dan gw ketemu guru agama gw yg ngomong kalo gw dianjurin baca buku2 mahayana yg banyak di vihara sekolah gw ( Thx bgt bwt Babeh, he2 ).

    Akhirny gw sadar jg kalo semua aliran d buddhis itu baik adany..... cuma perbedaan metode.....

    Sejak itu entah mengapa gw minta diajarin cara baca Sutra mandarin ama guru les mandarin gw, dan akhirnya gw tertarik untuk ikut kebaktian Mahayana, tapi ampe sekarang cuman beberapa kali dalam hidupku karena d daerah Gading tempatku tinggal gak ada vihara Mahayana, he2, mungkin karma baik gw belum cukup bwt ikut kebaktian Mahayana....

    Jadi, sejak SMA gw mulai menjalankan ajaran Mahayana, gw mulai baca Maha Karuna Dharani, Sutra Hati, Saddharma Pundarika bab 25, dan mantra Bhaisajya Guru di depan altar Guan Yin d rumah gw (kadang2 doang, gk tiap hari sih...)......

    Gw juga merasakan pertolongan Bodhisattva Avalokitesvara dan Buddha Bhaisajya Guru ( Yao Shi Fo/ Buddha Guru Obat) waktu gw SMA sampe gw kuliah skrng, dan gw kasi tau y kalo pertolongan dari para Buddha dan Bodhisattva terutama Guan Yin dan Yao Shi Fo itu bukan sekedar mitos dan khayalan belaka, itu bisa dibuktikan, Ehipassiko....(dibuktikan dengan dilandasi ketulusan dan keyakinan akan apa yang benar, BUKAN dengan rasa penasaran dan keraguan seperti melakukan eksperimen di lab, wkwkwkwkwk) he2, kita cuma butuh ketulusan, kesungguhan, dan keyakinan dalam berdoa ke Mereka.... seperti kata pepatah Buddhis di China:

    "Buddha Dharma sangatlah dalam bagaikan Samudra
    Namun hanya dengan KEYAKINAN seseorang bisa memasuki-Nya........"

    Gw pengen kasih sedikit "hot gosip" yg berguna nih bwt kita smua:

    "Kelahiran sebagai manusia adalah sangat sulit.
    setelah terlahir sebagai manusia, lebih sulit lagi bertemu dengan Dharma.
    setelah bertemu dengan Dharma, adalah jauh lebih sulit lagi untuk meyakini dan menjalankan serta mempraktikkan Dharma......."

    So, "hot gosip" ini bisa menyadarkan kita kalo hidup kita sekarang adalah sgt berharga karena kita telah bertemu dengan Dharma, kita punya timbunan karma baik yang bikin kita bisa meyakini Dharma dan seharusnya sebagai orang yang beruntung yang telah bertemu dengan Dharma (contohnya: kita lahir di lingkungan keluarga Buddhis, bertemu dengan teman yang membawa kita ke vihara, rumah kita dekat dengan vihara, dan menemukan buku Dharma yang tergeletak di vihara lalu kita baca, dll, dsb, dkk....), kita tidak boleh menyia-nyiakan kesempatan ini dan kita harus memanfaatkannya dengan cara mempraktikkan Dharma dalam hidup kita sehari-hari, bukan hanya menjadi seorang "Buddhis" secara label.....

    seperti tertulis dalam Syair Pembuka Sutra dalam Sutra2 Mahayana:

    "Dharma yang Ajaib, Dalam, dan Tak Tertandingi
    Dalam Jutaan Tahun pun akan sulit untuk menemukan-Nya
    Kini aku telah melihat, mendengar, mendapat, dan menerima-Nya
    Dan aku bertekad untuk memahami arti sesungguhnya dari Sang Tathagata"

    Itu aja kenapa gw jd Buddhis.....

    Namo Amitabha Buddhaya _/i\_

    Hangga Utama
    Messenger
    Messenger

    Male
    Jumlah posting : 66
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta Pusat
    Nama KMB - Universitas : KMB Dhammamitha-UBM
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Ekonomi Manajemen-2005
    Registration date : 01.09.08

    Kenapa ya??

    Post  Hangga Utama on Sun Sep 07, 2008 3:24 pm

    Kalo gw pribadi pilih agama Buddha karena ajarannya yang rasional dan mudah dipahami (menurut gw lho...).
    Meski agama Buddha gw lom ada apa2nya dalam arti kadang ikut kbaktian minggu kadang juga ngga gitu; ada 1 yg gw suka yaitu "ehipassiko opanayiko pacattam veditabo vinuhitii" ( sorry kalo salah tuisannya yah ).

    Dulu dari kecil sih gw ikutnya ajaran Theravada. Seiring dengan waktu karena gw SLTP Katholik akhirnya mau ngga mau gw ikut Katholik kurang lebih 4 tahun.
    Pada saat itu gw ga menemukan sesuatu yg dapat merubah hidup gw karena pada saat itu kerjaan gw hanya bisanya bikin orang tua khawatir dan hambur2in duit mereka sampe2 mata sebelah kiri gw gitu deh! ( liat aja ke fotonya hehe... ).

    Sampe bokap gw bangkrut dikarenakan faktor lingkungan dan teman2nya dan rumah tangga berantakan akhirnya gw merasa hidup ini ga ada artinya.

    Gw pesimis ga ada arah dan akhirnya gw diajak sodara gw ke Vihara DSP (mahayana) dan gw coba.
    Awal2 sih nge betein pake baca Paritta segala.

    Tapi akhirnya pas denger ceramah dan motivasi dari teman2 akhirnya gw dapat jawaban kenapa pada saat itu hidup gw menderita!

    Ternyata karma buruk dan segala tindakan buruk yg telah gw lakukan sampe2 gw begini...
    Ya udah gw akhirnya coba menekuni ajaran agama Buddha sampe akhirnya sekarang gw punya pegangan deh bahkan matiin seekor semut aja gw ga tega! apa mgkn masa lalu gw binatang yah??
    Tapi biar bagaimanapun gw bukan orang suci hehe... Gw masih penuh dengan Lobha, Dosa, dan Moha dimana ke 3 itu perlahan2 harus gw lenyapkan.

    Ya intinya sih itu aja dan untuk saat2 ini perekonomian gw dan kluarga juga much better dan gw merasa ga sia2 mempraktekan dhamma yg diajarkan oleh guru Agung kita.

    Bagi teman2 yg punya kisah seperti gw mohon jgn patah semangat karena roda itu berputar yg penting usaha dan perbanyak tanam karma baik anda ok!

    Semoga smua makhluk hidup berbahagia!!!
    Namo Buddhaya!

    ceLLo
    Messenger
    Messenger

    Female
    Jumlah posting : 624
    Age : 27
    Lokasi : jakarta n depok
    Nama KMB - Universitas : KMBUI-Indonesia
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : hukum-2007
    Registration date : 09.06.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  ceLLo on Sun Nov 16, 2008 10:11 am

    bokap g pernah bilang jg
    jangan sampe g meninggalkan buddhist
    karena g udah sempet hampir mati
    dulu g kecil
    g prnnah ketangkep mo makan kelereng
    tiba2 bokap g liad n langsung teriak2
    n kelerengna lepas dari tangan g

    andaiikan bokap ga liad
    udah mati g hahha

    then kt bokap
    harta materi hidup g dan semuA2 yg g punya g rasakan selama ini
    karena buddha
    h Very Happy Smile

    Veronica Maris
    Count/Countess
    Count/Countess

    Female
    Jumlah posting : 87
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - Universitas Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Teknik/Teknik Industri - 2006
    Registration date : 01.09.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Veronica Maris on Mon Dec 01, 2008 7:03 pm

    Klo g seh dr tk mpe lulus sma skull di sklh katolik n pas sma g ud ampir mo dibaptis jd katolik.. Walaupun keluarga g buddhis kong hu cu. Biznya g bgg.. mesti megang agama pa.. Secara bonyok h perginya ke klenteng doank jdnya g ga pernah tau klo agama Buddha jg da kebaktiannya sm dgn agama yg laenny setelah g bertmu dg tmn g n ade g yg mulai ikt sekolah mgg di vihara.. Bonyok g seh kasi2 aj g jd katolik tp dlm hati g msh ragu2 sbnrnya.. N akhirnya g berkenalan n mengenal apa itu agama Buddha.. Begitu g ikuti ternyata g langsung merasa cocok n mantep bwt megang ni agama sebagai dasar hidup.
    Knp g milih agama Buddha ini, krn ajarannya rasional, mudah dipahami, sesuai dengan logika n jalan pikiran g..
    Maka sejak sma 3 g ud mulai mengikuti n mendalami agm ini..

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  juan on Mon Dec 01, 2008 7:06 pm

    dari kecil ampe sekitar 3 smp tuh gw dah ikut pelajaran agama Buddha d sekolah..namun begitu sma gw masuk k sekolah kristen.. sempet goyah seh.
    tp gw goyah bukan bwt masuk k kristen, gw goyah untuk tidak beragama.. trus begitu kuliah masuk kmb mulai maw ikutan lg agama Buddha..
    tp skrg kayanya gw mulai kaya pas SMA lagi neh.. aga2 males bwt beragama..

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Fredrick on Tue Dec 02, 2008 7:53 am

    kalo gw, dari TK ampe SMA gw itu sekolah di sekolah protestan.. udah gt ajaran protestan di sekolah gw itu lumayan kuat lah, bole dibilang sangan mengakar dalam kegiatan2 sekolah..
    nah waktu SD gt gw disuruh nyokap gw ke gereja aja kalo hari minggu(drpd ga ada kerjaan di rumah) he3, jadilah gw ke sekolah minggu tiap minggunya..udah gt gw juga sering dipanggil ama guru gw ke kelas2, jadi semacam contoh gt deh ke anak2 laen yang belum ke greja( jadi guru gw bilang walopun gw bkn buddhis, gw ke greja blablabla...)he2, jadi kayak kesaksian gt..

    udah gt keluarga gw itu ga ada yang ke vihara gt deh, semuanya paling cuma sembahyang tradisi gt(itupun ga semuanya rajin ke klenteng dll).. malah ada beberapa yang katholik dan taat banget tuh ampe gw diajakin ke greja mereka(tp ga maksa seh)..jadi boleh dikata ajaran Buddha itu jauh banget dari gw..

    nah pas SMP, ada tugas agama gt deh, gw disuruh tiap minggu kasih laporan tentang apa aja yang diceramahin di greja.. nah kata guru gw,buat yang non Kristen, boleh ke tempat ibadahnya masing2.. nah trus gw dapet refrensi dari temen nyokap gw bwat ke ekayana(Buddhayana)aja, katany disana banyak yang seumuran gw gt dan ada kebaktiannya sendiri..

    pas gw disuruh kesana, gw sempet ogah2 gt deh.. gw pikir gw kan ga ngerti samasekali tuh ttg Buddhism gt.. jd mending gw ke greja,karena udh lumayan ngerti lah.. tp nyokap gw tetep ajak gw.. mao gamao gw ikt dgn enggan gt deh..

    pas ptama gw ikt, gw bgung banget ama kebaktiannya, soalnya pake bahasa pali gt kan.. dan gw ga ngerti samasekali(sesuatu yang bener2 asing bagi gw..) tp setelah beberapa kali dateng, gw mulai merasa ada "something" yang berbeda di Buddhism.. something yang belum pernah gw rasain sebelumnya, something yang ga gw temuin di tempat lain... entah apa itu, yg jelas gw merasa become a Buddhist is my way..he2 gw jg merasa ajaran2 di Buddhism itu sangat rasional, tidak berlebihan, nyata adanya dan tidak dogmatis serta tidak memaksa, jadi kita bisa datang,lihat dan buktikan sendiri kebenarannya..(ehipassiko) jg sangat menghargai kehidupan dan penuh toleransi...so peaceful.. dan membuat kita bisa memaknai apa sebenarnya hidup ini... dan bagaimana hidup itu seharusnya..ha3

    so.. be Good, be Happy, be Mindful...hehehe

    haryadi
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 627
    Age : 27
    Lokasi : kramat jati no:59
    Nama KMB - Universitas : KMBVD-atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : IESP 2007-2011
    Registration date : 18.05.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  haryadi on Tue Dec 02, 2008 11:43 pm

    g sendiri ikut budhis karena bonyok g suka ngajakin ke wihara dr g kecil sampe skrg.. klo dolo masi kecil g ogah"an dtg ke wihara, enakan dirumah ntn tv ( tiap mgg kn pagi" bnyk film kartun) hehe...

    tp lama kelamaan merasa klo ke wihara rasany nyaman gt.. aplg semenjak kuliah kekny enak bgt dtg ke vihara cthy ke mudita, kadang" semgg bisa 3 x dtg tanpa alesan yg jelas mau gnapain dtg kesana..haha.. dr pd dirumah maen game doank, mendingan kita ke vihara ngobrol ama suhu..hehe...

    trus belajar agama budha sangat masuk ama logika.. nyata nga mengada".. trus agama budha nga pernah punya musuh.. contoh aja, agama islam dan agama kristen/katolik mempunyai konflik yg sampe sekarang masi aja diperdebatkan.. agama budha peaceful..hehe..

    Metta Rosmawati
    Duke/Duchess
    Duke/Duchess

    Female
    Jumlah posting : 314
    Age : 29
    Lokasi : Bekasi
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma - Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Ekonomi/Akuntansi - 2006
    Registration date : 21.11.08

    mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Metta Rosmawati on Wed Dec 03, 2008 12:02 pm

    Klo gw..emang lahir di keluarga buddhist, dan kebetulan di samping rumah gw ada vihara jadi dari kecil udah dibiasa-in bwt sekolah minggu...walopun kadang2 suka males jg c he5..

    Jujur pas masuk SMA katolik gw jadi jarang k vihara..
    Tp, itu ga b'langsung lama coz gw sadar klo gw itu masih punya kebutuhan yaitu "kebutuhan rohani".
    Agama buddha itu ngajarin gw banyak hal terutama tentang kebajikan..

    Seneng d bisa jadi bagian dari keluarga buddhist..

    " Semoga semua makhluk berbahagia..sadhu3x "

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  The Undertaker Reagan on Sun Dec 07, 2008 10:09 pm

    Metta Rosmawati wrote:

    Seneng d bisa jadi bagian dari keluarga buddhist..


    g dari kecil tinggal di lingkungan kristen.
    sekolah g katholik.
    bisa dibilang buat menjadi buddhist itu bener2 usaha sendiri.
    ga ada bimbingan dari keluarga.

    tapi setelah join di KMBVD, g belajar cara berdoa, belajar melakukan kebaktian, meditasi yang benar, byk lagi.

    dan itu pertama kalinya g seneng menjadi buddhist.
    semua itu thx to KMBVD.
    ga akan g lupakan budi ini.

    juan
    Paladin
    Paladin

    Male
    Jumlah posting : 689
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : Viriya Dhamma - AtmaJaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran - 2005
    Registration date : 31.07.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  juan on Mon Dec 08, 2008 12:52 am

    The Undertaker Reagan wrote:g dari kecil tinggal di lingkungan kristen.
    sekolah g katholik.
    bisa dibilang buat menjadi buddhist itu bener2 usaha sendiri.
    ga ada bimbingan dari keluarga.

    tapi setelah join di KMBVD, g belajar cara berdoa, belajar melakukan kebaktian, meditasi yang benar, byk lagi.

    dan itu pertama kalinya g seneng menjadi buddhist.
    semua itu thx to KMBVD.
    ga akan g lupakan budi ini.


    lw menjadi Buddhist karena karma lw lah lw bisa berhubungan dgn agama Buddha..


    kita juga terima kasih karena lw udah ikut meramaikan KMBVD kita ini..
    ikut menjadi bagian dlm KMBVD ini, dan menjadi keluarga d KMBVD kita tercinta..

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  felix nugroho on Mon Dec 08, 2008 1:43 am

    @ metta : hahaha, tenang aja la..
    klo u niat n siap berkomitmen n terutama BERKORBAN demi KMB, u pasti diterima d jadi pengurus.. hehe

    @ all : yes, gw sudah berhasil nge sway 1 korban buat jadi pengurus KMB.... hehehehe, canda2..

    @ reagan : gw rada bingung, jadi maksud u, dari kecil u kristen?
    trs u mulai jadi budhis sejak ikut KMB???

    novi
    Knight/Lady
    Knight/Lady

    Female
    Jumlah posting : 5
    Age : 28
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma - Unika Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : biotek-06
    Registration date : 08.12.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  novi on Mon Dec 08, 2008 11:14 am

    heeehe..baru muncul^^
    gw skeluarga agamanya Buddha...
    n bonyok sering ke klenteng ama vihara/cetiya ampe sekarang..
    dulu waktu gw masih kecil bgt (kayanya c tk) pertama kali knal agama ini..
    abisnya nyokap gw anterin anak2nya ke cetiya trus dy pegi ke pasar..
    sekali dayung dua tiiga pulau terlewati..
    hehheh..
    disono c ga gitu ngerti, cuma ikutin doang kebaktiannya gmn..
    trus sd gw jg buddhis..
    jadi wktu itu gw lebi ngerti ttg agama ini..
    setiap mw plajaran agama pasti ada kbaktiannya dulu..
    trus smp-kul nya katolik..
    walopun blajar agama ne,tp tetep ga nyantol di otak n hati gw..
    n saat itulah sampe iinilah gw juga uda jarang ke vihara, cetiya, klenteng..
    hehehheh...
    sbenernya c gw percaya bahwa semua agama itu sama n pastinya ngajarin yang namannya kebaikan..
    hehehehehhe..


    Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing Laughing

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  The Undertaker Reagan on Mon Dec 08, 2008 9:47 pm

    @felix: bkn fel, g buddhist dr lahir, karena direkrut ama oma, tapi beliau meninggal pas masih balita, g aja ga inget umur berapa. sisanya di keluarga bkn buddhist. cuma g ma oma doank.

    @ce juan: jgn bt dunk. ntar g nangis nih.... Crying or Very sad

    felix nugroho
    Odin
    Odin

    Male
    Jumlah posting : 1437
    Age : 32
    Lokasi : jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB virya dharma - atmajaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : ekonomi/akuntansi - 2003
    Registration date : 06.03.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  felix nugroho on Mon Dec 08, 2008 10:07 pm

    @ reagan : u direkrut oma??
    tapi oma u uda meningal saat u masih balita kan?
    berarti u masih balita uda ngerti agama budha tu???

    @ novi : ini novi yang klo mw ngeliat dy harus nunduk kan??
    yang berdiri sama duduk ga ada bedanya... hahahaha

    The Undertaker Reagan
    TREASONER
    TREASONER

    Male
    Jumlah posting : 512
    Age : 28
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMBVD Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : FK/2006
    Registration date : 28.11.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  The Undertaker Reagan on Mon Dec 08, 2008 10:46 pm

    @felix: dulu, g msh ngambang, kan g da blg, g tw cara berdoa, tw ad kebaktian setelah KMB ini. yang dulu2 g cuma tw sdkt2 sejarah Buddha.

    Fredrick
    Chieftain VII (2009/2010)
    Chieftain VII (2009/2010)

    Male
    Jumlah posting : 134
    Age : 29
    Lokasi : Jakarta
    Nama KMB - Universitas : KMB Viriya Dhamma-UNIKA Atma Jaya
    Fakultas/Jurusan - Angkatan : Kedokteran/Kedokteran umum-2006
    Registration date : 14.09.08

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Fredrick on Sat Dec 13, 2008 9:18 pm

    Wah... Reagan emang hebat!! ha2
    senangnya di KMB ada yang bisa berbagi cerita seperti ini... ha2
    moga2 KMB kita semakin berkembang dan berguna dalam memperkenalkan Buddhism..
    ga sampe disitu duank, tapi jg bisa jd wadah persaudaraan diantara kita semua... he2

    Sponsored content

    Re: mengapa kamu memilih menjadi buddhist

    Post  Sponsored content Today at 8:28 pm


      Waktu sekarang Fri Dec 09, 2016 8:28 pm